Tentang Kami


Dari data tahun 1992 tentang struktur geografis Cepu, Cepu merupakan kecamatan dari kabupaten daerah tingkat II Blora yang terletak diujung paling timur dari propinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah 49.15 km2 terdiri dari 6 kelurahan dan 11 desa, dan penduduk Cepu menurut data  pada bulan April tahun 1992,penduduk Cepu berjumlah 70.000 jiwa dan mungkin pada tahun 2009 perkembangannya jauh lebih pesat.Hal ini ditunjukkan oleh struktur tatanan kota dan perekonomiannya.

Penduduk Cepu sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani sedangkan sisanya sebagai wiraswasta, Pegawai Negeri, karyawan BUMN, dan peserta Pusdiklat Migas yang datang dari Sabang sampai Merauke.

Kegiatan perekonomian Cepu lebih maju dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lainnya di wilayah daerah tingkat II Blora, dan untuk menunjang perekonomian di Cepu telah beroperasi beberapa bank yaitu : BRI, DANAMON, BNI, BANK MANDIRI, BPD dan lain-lain.

Kegiatan perekonomian Cepu juga tidak lepas dari pengaruh instansi atau perusahaan Minyak dan Gas Bumi yang merupakan ciri dari kota Cepu sebagai kota minyak.Contoh instansi dan perusahaan tersebut adalah PUSDIKLAT MIGAS, PERTAMINA UEP III Lap Cepu, PERTAMINA UPPDN IV Depot Cepu, Mobile Cepu Limited, TELKOM, PERHUTANI, dan masih banyak lagi termasuk industri kecil lainnya seperti kerajinan kayu jati dan lain-lain, karena sebelum adanya instansi atau perusahaan minyak dan gas bumi pengusaha kayu jati lebih dahulu berkembang di daerah Cepu.

Dewasa ini  teknologi dan informasi berkembang dengan sangat pesat yang  diikuti oleh perkembangan perekonomian, akan tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya diikuti oleh sebagian masyarakat terutama masyarakat pedesaan yang disebabkan minimnya fasilitas infromasi dan pendidikan yang menunjang hal tersebut.

Sebagai salah satu solusi penanganan masalah minimnya fasilitas infromasi dan pendidikan yang dapat segera direalisasikan antara lain dengan membangun basis informasi yang kegiatannya diawali melalui penyusunan sistem informasi. Dengan membangun informasi diharapkan banyak informasi yang dapat diakses dengan cepat dan berdampak pada kesempatan berusaha yang bermanfaat bagi masyarakat pedesaan atau masyarakat cepu pada khususnya

A. LATAR BELAKANG TELECENTRE

Untuk mendapatkan kebutuhan informasi, maka melalui program percontohan yang merupakan inisiatif lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan memberikan mandat untuk penyelenggaraannya kepada International Telecomunication Union (ITU) dengan bantuan dana hibah dari Japan Social Development Fund (ISDF) yang dikelola oleh International Bank For Reconstruction Development (IBRD-Bank Dunia) akan melaksanakan program Multi Purpose Community Telecentre (MCTs) (Jaringan Pusat Telekomunikasi dengan dukungan instansi terkait seperti departemen koperasi, departemen social, dinas perindustrian dan perdagangan, posko wanita, kowapi wanita mandiri Cepu, dengan harapan pelaksanaan program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat cepu pada khususnya melalui Program Multipurpose Community Teleconfers (MCTs).

Dengan adanya program telecentre diharapkan memupuk kesadaran dan keingintahuan akan informasi sebagai kebutuhan  untuk mengembangkan diri dalam masyarakat, sehingga mampu menerapkan segala bentuk informasi positif yang diperoleh membangun dan memotivasi    kehidupan atau taraf hidup yang  lebih baik terlebih – lebih dibidang perekonomian masyarakat desa dan pada masyarakat Cepu pada khususnya

Telecentre ini dirancang sebagai tempat bagi masyarakat pedesaan untuk mengakses informasi, berkomunikasi dan mendapat layanan informasi bidang sosial dan ekonomi dengan menggunakan sarana teknologi informasi dan komunikasi berupa komputer dan sambungan internet atau sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat yang antara lain berupa pelatihan-pelatihan peningkatan ketrampilan dan pengetahuan serta pelaksanaan kegiatan perekonomian masyarakat setempat secara profesional yang didukung oleh fasilitas  telecentre.

B. MAKSUD DAN TUJUAN TELECENTRE

Pendirian telecentre didaerah pedesaan merupakan jaringan pusat telekomunikasi beragam kebutuhan masyarakat yang memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut :

  • Tujuan Umum

Mengembangkan model pendekatan yang berkelanjutan untuk memperbaiki akses dan kapasitas masyarakat desa dalam mengakses pengetahuan, informasi yang diperlukan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat.

  • Tujuan Khusus

Membangun jaringan pusat telekomunikasi beragam kebutuhan masyarakat di wilayah Jawa Timur dan Cepu khususnya mengembangkan kapasitas pengelola/operator/penyedia layanan/pengembangan materi telecentre dan masyarakat, mengembangkan pelayanan dan materi yang sesuai dan membangun kepedulian masyarakat lokal dan kemitraan dalam teknologi informasi untuk pembangunan pedesaan.

C. TARGET DAN SASARAN TELECENTRE

Dengan adanya telecentre diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui data informasi dari internet guna mendukung pengelolaan usaha dan pemasaran hasil usaha dibidang industri rumah tangga dan pertanian yang kecil dan menengah agar telecentre dapat berswadaya dan mandiri sebagai suatu unit usaha milik masyarakat.

D. GAMBARAN USAHA

  • Gambaran Umum Usaha

a.   Layanan umum/dasar

  • Penggunaan internet : email, browsing/surfing (menjelajah situs), chatting room (ngobrol dengan netter), mailing list (ruang diskusi).
  • Penggunaan computer (pengetikan)
  • Scanning (menduplikat data/gambar ke dalam digital)
  • Printing (mencetak dokumen/gambar)
  • Searching (pencarian berita/data) dan launching (penayangan informasi atau web)
  • Koran kampong/ majalah dinding

b. Layanan bisnis

  • Pengembangan usaha dan incubator usaha
  • Layanan administrasi/transaksi usaha
  • Pengelolaan keuangan usaha
  • Menyelenggarakan pertemuan (meeting); membuat agenda, jadwal, laporan notulensi dan sebagainya.

c. Layanan melalui kemitraan khusus (Dukungan Program)

  • Pelatihan computer dan internet untuk guru dan siswa
  • Pelatihan computer dan internet untuk Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) bekerjasama dengan Dinas Pertanian
  • Kerjasama dengan perkumpulan (karang taruna, klub olah raga, kelompok arisan, simpan pinjam, dunia usaha,dan sebagainya)
  • Dukungan infomobilisasi untuk program masuk desa
  • Promosi acara lokal

SUSUNAN PENGURUS BADAN PENGELOLA HARIAN ”CEPU TELECENTRE”

a. Manager

Pika

Pika

Bio Data

Nama                     : Nupika Sari, SE

Tempat Tinggal : Kampung Baru Lorong IV / 38, Cepu

Agama                  : Islam

Tugas & Wewenang :

  • Menyusun draf rancangan program bersama anggota BPH (Badan Pengelola Harian) lainnya dengan melibatkan komunitas, untuk diajukan kepada Dewan Pengarah.
  • Penanggung jawab secara umum penyelenggaraan kegiatan dan layanan telecentre.
  • Mengkoordinasikan seluruh kerja Badan Pengelola Harian telecentre.
  • Sebagai anggota Dewan Pengarah, perwakilan Badan Pengelola Harian telecentre.

b. IT/Infomobilisator

Adimas

Adimas

Bio Data

Nama                     : Adimas

Tempat Tinggal : Jl. Giyanti RT 05 / RW 02, Ngroto – Cepu

Agama                  : Islam

Tugas & Wewenang :

  • Menjalankan tugas-tugas Fasilitator Infomobilisasi (FI).
  • Bersama-sama manajer telecentre mengembangkan strategi komunikasi dan penggalangan dana telecenter.
  • Menjalankan tugas-tugas Information Tecnologi(IT)

c. Administrasi

Veronica P.A

Veronica P.A

Bio Data

Nama                     : Veronica P.A., Amd

Tempat Tinggal : Jl Diponegoro Gang V / 30, Cepu

Agama                  : Katolik

Tugas & Wewenang :

  • Menjalankan tugas-tugas  Admin.
  • Mengembangkan media-media komunitas sesuai dengan kebutuhan komunitas.
  • Bersama-sama menajer telecentre mengembangkan strategi komunikasi dan penggalangan dana telecentre

25 responses to “Tentang Kami

  1. tono

    Bapak Bupati
    Yg terhormat bapak bupati Blora
    ditempat

    Kami sebagai alumni dari pedagang asongan di stasiun cepu yang ada diperantauan ingin memberikan sumbang keluh terhadap digusurnya pedagang pedagang asongan yang ada di stasiun cepu, bayangkan bapak bupati, dengan digusurnya pedagang asongan distasiun cepu ini diperkirakan uang yang masuk di cepu tiap bulan senilai 375 juta hilang tiada bekasnya, itupun belum termasuk perputaran uang modal yang dikelola oleh toko dan pasar setempat, dengan rincian :
    Jumlah pedagang asongan 125 orang
    Penghasilan keuntungan / orang Rp 100.000 / hari
    total keuntungan Rp 12.500.000,-/ hari
    dalam 1 Bulan 30 hari x Rp 12.500.000,-
    total dalam 1 Bulan = Rp. 375.000.000,-
    Bapak Bupati seharusnya bapak bisa memberikan penghasilan alternatif dengan ditutupnya Stasiun cepu bagi asongan apalagi bapak sebagai putra daerah Cepu yang dipilih oleh mayoritas Masyarakat cepu, bayangkan bapak sebagai Bupati, apa yang di sumbangkan selama bapak menjadi Bupati di Blora, Jalan yang dulu ke Randublatung bagus, sekarang Tambah rusak parah
    Bapak bupati masyarakat Cepu khususnya Desa Balun sangat berharap banyak dengan terobosan bapak untuk membuka lapangan kerja baru, termasuk mencari alternatif pengganti ditutupnya asongan stasiun cepu, bapak beserta stafnya banyak diharapkan untuk mencari Investor dan melobi di pusat untuk mencari dana bagi pembangunan di kab blora, kususnya Cepu

  2. aul

    bagian admin yg namanya veronika itu dulu alumni SMP N 5 bukan?????

  3. sutanto

    lapangan ronggolawe di perbaiki

  4. yanto surabaya asli cepu

    berita ceputelecenter update beritanya berapa minggu sekali
    kelihatanya beritanya kok gak berubah

  5. Si Gober

    Aku wong cepu, tapi wis lama di Jkt. Apa isih dianggep wong Cepu, ing atase Cepu lak saiki jadinya kota tertutup secara administrasi.. Bagusnya sih, untuk keberlanjutan dan pemutakhiran data, sebaiknya dibuat semacam majalah, barangkali 12 – 16 halaman, yang memuat aktifitas Cepu telecenter secara berkala (bulanan apa dua bulanan) juga dibuatkan member bagi para sutresnanya. Ini juga akan jadi saksi apakah Cepu Telecenter mampu bertahan dengan kabar-kabar anyarnya, mengingat banyaknya website yang kolaps karena tidak di up-to-date lagi sama pengasuhnya. Aku berharap Cepu Telecenter selalu aktif dengan berita-berita yang khas ‘Nyepu’. Nuwun sewu lho ya, kalau tersinggung…

  6. Ipoenkpoi

    Sukses buat ceputelecenter!!

  7. eko rachmad nur effendi

    boleh bergabung untuk mendapatkan ilmu baru..saya orang cepu sitimulyo Lr.1c/12

  8. O ternyata dicepu da program pemberdayaan masyarakat dibidang IT, alamat kantornya dimana? boleh dong gabung jadi Stafnya!
    Thanks.

  9. yap ikut ikut deh SELAMAT BERKARYA ^^…….. and tx infonya

  10. makasih infonya. Informasinya oke banget

  11. Elly

    Selamat en sukses Cepu Telecenter. Semoga makin Oks utk memajukan masayarakat Cepu. Walau kalian cuma bertigo…jangan kecil hati…kita dukung dari jauh.Kota Cepu pancen…O….ye

  12. ariraya

    semoga berkontribusi positif thd masy cepu

    • ceputelecenter

      kontribusi positif juga bisa dimulai dari anda …
      silahkan berbagi ide kreatif dan positif dengan kami …
      terima kasih

  13. weleh2…. matoh tenan iki…
    SUKSESS….!!!

    • ceputelecenter

      yo jelas matoh …
      kira – kira ada ide yang bisa di share ke kita gak ….?
      Buat kemajuan Cepu khusus nya dan Blok Cepu pada umumnya ….
      Tak tunggu ….
      Suwun …

  14. hariez

    Semoga sukses terus n makin maju cepu telecenter

  15. salut dengan web site ini yg telah berkhidmat untuk pengembangan desa..smg dari kita-kita yang tinggal di desa,bisa memberi kontribusi riil buat indonesia…Salam hangat utk semua awak web

  16. tak bantu pasang link nya di blog ku ya….

  17. selamat berkarya unt masy cepu…

    • ceputelecenter

      Terimakasih atas komentarnya.

      Semangat kami akan terus bertambah, demi mewujudkan “DARI CEPU UNTUK DUNIA”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s