Rosela – Tanaman Hias Berkhasiat

Tanaman rosela ternyata memiliki manfaat ganda, selain bisa digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga bisa untuk tanaman obat yang berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit. Penampilan fisik tanaman ini memang cukup menarik. Bentuk bunganya terkesan kuncup dan sedikit mekar di ujung kelopak bunga, hampir serupa dengan bunga tulip. Warnanya merah darah dan saat umurnya telah agak tua, warnanya pun berubah menjadimerah maron. Berbeda dengan bunga mawar, melati, anggrek dan bunga-bungan hias lainnya, kelopak bunga rosela tergolong cukup keras dan tidak mudah rontok. Ini tentu menjadi kelebihan tersedia dari tanaman ini. Sebagai tanaman hias, tanaman ini tidak mudah rusak dan dapat lebih lama mempertahankan keindahannya menghiasi kebun. Karena mudah dikembangkan, tidaklah mengherankan jika selama ini rosela banyak ditanam di kebun-kebun ataupun dalam pot. Cukup dengan menabur benihnya dalam tanah yang telah diberi pupuk, dalam waktu lima bulan kemudian, tanaman ini sedah bisa dilihat hasilnya. Dari satu benih yang ditanam bisa menghasilkan satu rumpun tanaman rosela, hal ini mempermudah perbanyakan tanaman yang bermanfaat sebagai tanaman obat tersebut.

SEMBUHKAN BERBAGAI PENYAKIT
Menurut informasi, dengan rutin meminum air rebusan kelopak bunga rosela, diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama sebagai penyeimbang kadar gula dalam tubuh. Penyakit darah tinggi pun bisa disembuhkan jika si penderita rutin mengkonsumsi ramuan bunga rosela ini. Meski cukup mudah dikembangkan, bukan berarti mudah untuk mendapatkan tanaman ini. Karena rosela hanya dikebunkan dalam skala rumah tangga sebagai tanaman hias sekaligus tanaman obat memang belum begitu populer. Pemanfaatan bunga rosela sebagai tanaman obat bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yakni cukup dengan merebus kurang lebih 20 kelopak bunga rosela dengan air sebanyak 5-6 gelas. Setelah ditambahkan gula, air rebusan bunga rosela ini bisa digunakan sebagai minuman kesehatan yang bisa diminum sehari-hari tanpa efek samping. Proses pembuatan rosela sebagai minuman kesehatan bisa dilakukan dalam bentuk segar, tapi lebih bagus lagi jika menggunakan yang telah kering. Untuk mendapatkan bunga rosela dalam bentuk kering, bisa dilakukan penjemuran terlebih dahulu kurang lebih satu hari.

PELUANG USAHA

Menilik dari manfaatnya, maka kita bisa melihat potensi untuk membuat usaha dengan bahan dasar rosela. Seperti yang telah dilakukan oleh salah satu anggota Cepu Telecenter. Beliau mengembangkan berbagai produk dari rosela, yaitu teh, sirup, manisan, dan selai. Bahan yang digunakan pun beragam, rosela merah, ungu, dan putih.

Untuk proses produksinya beliau tidak membutuhkan peralatan yang susah, cukup menggunakan alat-alat dapur biasa. Tenaga kerjanya pun cuma satu orang. Sehingga kami menilai usaha ini cocok untuk dilakukan oleh ibu rumah tangga. Anda berminat? atau mau mencoba produknya terlebih dahulu? Silahkan hubungi kami untuk produk-produk dari rosela.

3 Komentar

Filed under agrobisnis, Belajar, Kesehatan, Pengetahuan, perkebunan, potensi daerah, produk unggulan, Tanaman Obat, Tips, ukm, UMKM

3 responses to “Rosela – Tanaman Hias Berkhasiat

  1. Kunjungan pagi, silahkan mampir juga ke site kami minuman herbal berkhasiat gujahe dan gulajoss ada program kemitraan senilai 3,5 juta nett untuk keagenan dan 35 juta nett untuk distributor, jika anda berminat silahkan mail ke info@gujahe-kbm.com atau sms/ telpn ke 021 23986886

  2. Kunjungan siang, mampir juga yuk, ke minuman herbal berkhasiat gujahe & gulajoss, ada program kemitraan senilai 3,5 juta nett, jika berminat silahkan email ke info@gujahe-kbm.com.

  3. trimakasih info untuk rosela nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s