Pameran Keliling Koleksi Museum Jawa Tengah “Ranggawarsita”

Dalam rangka Tahun Kunjungan Museum 2010 dan Menyongsong Visit Jateng 2011, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Museum Jawa Tengah Ranggawarsita, mengadakan Pameran keliling di Jawa Tengah, dimulai dari Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora. Pameran ini berlangsung tanggal 20 – 24 Maret 2010.

Dasar Pemikiran
Museum sebagai salah satu lembaga edukatif kultural, selalu dituntut untuk dapat menginformasikan koleksinya kepada masyarakat dan para peserta didik, sebagai upaya meningkatkan informasinya perlu mengadakan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta, dan salah satu kegiatan tersebut adalah mengadakan pameran keliling.

Pameran keliling ini menampilkan judul “KEANEKARAGAMAN KOLEKSI MUSEUM JAWA TENGAH RANGGAWARSITA” dengan tema “MENJALIN PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DENGAN RASA PEDULI, BANGGA, DAN CINTA AKAN BUDAYA BANGSA MELALUI KOLEKSI – KOLEKSI MUSEUM”

Bahwa budaya muncul sejak manusia ada di bumi ini. Berbagai upaya dilakukan untuk mempertahankan hidupnya, sehingga manusia membuat peralatan yang dapat mendukung mereka dalam proses kehidupan. Benda-benda budaya merupakan hasil manifestasi budaya suatu etnis tertentu.

Koleksi

Koleksi-koleksi museum Jawa Tengah “RANGGAWARSITA” yang dipamerkan merupakan benda-benda budaya yang ada dan sempat berkembang dalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Koleksi tersebut terdiri dari:
1.    Benda-benda peninggalan pra sejarah
2.    Benda-benda peninggalan masa klasik
3.    Benda-benda peninggalan masa Islam
4.    Benda-benda peninggalan masa colonial
5.    Benda-benda peninggalan masa perjuangan pergerakan
6.    Benda-benda etnografi
7.    Benda-benda seni

Dengan adanya pameran keliling ini, diharapkan dengan mengenal dan mengetahui tinggalan budaya material masyarakat Jawa Tengah, kita semua terutama generasi muda penerus bangsa akan lebih mengenal jati dirinya, menumbuhkembangkan pada masyarakat cinta akan budayanya sendiri dan menjadikan budaya bangsa sebagai guru dalam menatap masa depan.

Selain pameran benda-benda bersejarah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Tengah juga mengadakan kegiatan Apresiasi Koleksi Membatik tingkat sekolah SMP, disana mereka diajarkan cara membatik, mengingat batik Indonesia telah diakui oleh dunia.

Selain itu banyak juga anak-anak tingkat sekolah dasar yang ikut andil dalam pameran tersebut, mereka sangat antusias mempelajari asal-muasal benda bersejarah tersebut, mereka dating dari berbagai macam sekolah dasar yang ada di Cepu dan sekitarnya. Menurut ibu Iin, salah seorang panitia Penyelenggara Pameran Keliling mengatakan, “Museum Jawa Tengah Ranggawarsita ini mempunyai 50.000 macam koleksi benda bersejarah dan ini adalah sebagian dari benda-benda tersebut”. Beliau menambahkan bahwa pameran keliling ini akan diadakan tiap tahun sekali.

1 Komentar

Filed under Agenda Kegiatan, Agenda Masyarakat, Belajar, Cepu, Jawa Tengah

One response to “Pameran Keliling Koleksi Museum Jawa Tengah “Ranggawarsita”

  1. Makasih Informasinya
    Silahkan kunjungi BLOG kami http://h0404055.wordpress.com
    Terdapat artikel yang menarik dan bermanfaat, apabila berkenan tolong silahkan beri komentar
    Salam Kenal dan Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s