Telkom Terus Mendukung Tumbuhnya UKM

Jakarta, 19 Februari 2009 – Bantuan dana bergulir yang disalurkan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) untuk Program Kemitraan dengan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) sejak tahun 2006 hingga 2008 telah mencapai lebih dari Rp 481 miliar. Di sisi lain, untuk Program Bina Lingkungan Telkom telah menyalurkan dana tak kurang dari Rp 110 miliar.

Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia mengatakan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom telah memegang komitmen untuk menjalankan peran Good Corporate Citizenship melalui penyelenggaraan Program Kemitraan dengan UKM.

Dikatakan, jumlah dana yang disalurkan Telkom kepada mitra binaan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Jika pada tahun 2007 dana yang disalurkan baru sekitar Rp 182 miliar, maka pada tahun 2008 meningkat menjadi sekitar Rp 205 miliar. Begitupun jumlah mitra binaan naik cukup dratis. Pada tahun 2007 baru ada sekitar 9.700 mitra binaan maka pada tahun 2008 jumlahnya mencapai lebih dari 11 ribu mitra binaan, sedangkan total jumlah penerima bantuan mencapai 27 ribu, katanya.

Dijelaskan Eddy Kurnia, program kemitraan dengan usaha kecil bertujuan untuk mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi, terciptanya lapangan kerja serta kesempatan berusaha untuk masyarakat. Di samping itu, diakuinya bahwa UKM adalah sektor ekonomi yang ternyata sangat bisa diandalkan untuk menjadi penopang ekonomi nasional. Banyak fakta menunjukkan, ketika krisis terjadi, maka daya tahan UKM terbukti lebih bagus, ujarnya.

Untuk program kemitraan, dana bantuan disalurkan kepada sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan jasa. Penyerapan dana terbesar adalah pada sektor usaha perdagangan sebesar 43 persen setelah itu diikuti sektor usaha jasa 34 persen dan sektor usaha industri 11 persen. Selain memberikan bantuan pinjaman, Telkom juga memberikan bantuan pelatihan, pemagangan/pendampingan dan promosi/pameran, lanjut Eddy Kurnia.

Dilihat dari sisi sebarannya, Propinsi Jawa Timur menempati posisi sebagai penerima bantuan terbanyak. Di Jawa Timur Telkom memiliki sekiyat 3.700 mitra binaan yang menyerap bantuan senilai kurang lebih Rp 50 miliar.

Terkait program Bina Lingkungan, fokus Telkom lebih diarahkan pada pendidikan yang nota bene merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan bangsa ini ke depan. Sesuai kompetensinya, Telkom memberi perhatian lebih terhadap pendidikan yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT).

Eddy Kurnia berharap, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungan sekitar perusahaan dan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut, Hubungi :

Eddy Kurnia
Vice President Public and Marketing Communication
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Tel. 62-22-4527455.
Fax. 62-22-4521411
Email : eddy_k@telkom.co.id
Website : www.telkom.co.id

3 Komentar

Filed under Berita, CSR, Indonesia, ukm, UMKM

3 responses to “Telkom Terus Mendukung Tumbuhnya UKM

  1. aldito

    Bagaimana caranya supaya bisa bermitra dengan telkom (program kemitraan dan UKM) ?

  2. Yang ga kalah penting sosialisasai untuk mendapatkan bantuan untuk UKM juga perlu di informasikan Bosss….🙂

    • Cepu Telecenter

      pemuatan berita ini juga merupakan salah satu bentuk awal sosialisasi … atau mungkin anda juga bisa membantu untuk mensosialisasikan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s