Bupati Mojokerto Melakukan Video Call dengan Cepu Telecenter

Kamis, 11 Maret 2010. Dalam rangka Pengukuhan Koperasi Wanita Desa di Kabupaten Mojokerto.

Pentingnya peran koperasi dalam membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat mendapat perhatian dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto. Hal ini terlihat pada diberikannya bantuan kepada 134 Koperasi Wanita (kopwan) oleh Bupati Mojokerto, Drs. H. Suwandi, MM.

Seluruh Kopwan yang terbentuk pada 2009 ini mendapatkan bantuan Rp. 25 juta. ”Dana tersebut diharapkan tak hanya digunakan untuk simpan pinjam saja, tetapi juga untuk fasilitator usaha kecil menengah di desa setempat yang butuh dukungan pengembangan,” sambut Bupati. Jumlah yang ada saat ini masih sebagian dari target yang akan dilaksanakan pada program selanjutnya yaitu sebanyak 304 kopwan yang ada di seluruh desa/kelurahan di Kab. Mojokerto. ”Dengan begitu, diharapkan seluruh desa bisa memanfaatkan dana yang ada di kopwan agar para wanita bisa berkreasi dalam mendukung perekonomian keluarga,” tambah Bupati. Kopwan ini dibentuk dari kelompok-kelompok perempuan yang ada di desa/kelurahan seperti kelompok PKK, UPPKS, KUBE, dan kelompok ekonomi lainnya dengan jumlah minimal 20 orang.

Sebagai Tenaga Pendamping telah ditunjuk Pusat Koperasi Wanita Jawa Timur (Puskowanjati) melalui Koperasi Wanita Kencono Wungu sebagai kepanjangan tangannya di daerah Kabupaten Mojokerto. Sebelum kegiatan tersebut dimulai, Bupati mengadakan Video Call dengan Kopwan Kencono Wungu Kec. Dlanggu dan Kopwan Mandiri Cepu. Kedua Kopwan ini merupakan sebagian dari penerima Hibah Proyek Kerjasama antara The World Bank dengan Puskowanjati, berupa pendirian Telecenter. Salah satu kegunaan dari Telecenter inilah yang didemonstrasikan melalui Video Call. Selain itu fungsi lain dari Telecenter adalah sebagai sarana antar anggota koperasi dalam mengkomunikasikan kegiatan untuk mengembangkan kegiatannya.

Bapak Suwandi, Bupati Mojokerto, sedang melakukan persiapan Video Call dengan Telecenter Kencono Wungu dan Telecenter Wanita Mandiri Cepu

Bapak Bupati Mojokerto Video Call dengan Telecenter Kencono Wungu
Ibu Nur Hayati di Telecenter Kencono Wungu saat Video Call dengan Bapak Bupati Mojokerto
Mas Dimas di Telecenter Wanita Mandiri Cepu saat Video Call dengan Bapak Bupati Mojokerto

Bapak Suwandi Bupati Mojokerto menunjukkan raut wajah yang senang saat melakukan Video Call dengan Telecenter Kencono Wungu (Dlanggu) dan Telecenter Wanita Mandiri(Cepu), Bapak Bupati sangat mendukung sekali Program ini.

Dengan pembentukan 134 kopwan ini, Kabupaten Mojokerto mendapatkan penghargaan Pencapaian Kelompok Tercepat di Jawa Timur terhadap proses administrasi pendirian sampai dengan pencairannya dan mendapatkan Rp. 100 juta yang akan digunakan untuk pendidikan dan pelatihan Kopwan, demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ir. Imam Ghozali, MM, dalam acara tersebut.

Sebagai wakil dari Kopwan, Hj. Siti Maslikah dari Kopwan. Sumber Rejeki Ds. Lebak Jabung Kec. Puri menyampaikan terima kasih atas program ini dan akan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya, Bupati Suwandi yang didampingi Wakil Bupati, H. Wahyudi Iswanto, memberikan akta badan hukum kepada 134 Ketua Koperasi sehingga koperasi ini mempunyai kekuatan hukum tetap.

Kopwan yang telah terbentuk yaitu Kec. Puri sebanyak 6 Kopwan, Dawar Blandong sebanyak 9 Kopwan, Dlanggu sebanyak 11 Kopwan, Gedeg sebanyak 9 Kopwan, Gondang sebanyak 4 Kopwan, Jatirejo sebanyak 8 Kopwan, Jetis sebanyak 8 Kopwan, Kemlagi sebanyak 9 Kopwan, Kutorejo sebanyak 7 Kopwan, Mojoanyar sebanyak 6 Kopwan, Mojosari sebanyak 4 Kopwan, Ngoro sebanyak 9 Kopwan, Pacet sebanyak 7 Kopwan, Pungging sebanyak 7 Kopwan, Puri sebanyak 12 Kopwan, Sooko sebanyak 4 Kopwan, Trawas sebanyak 8 Kopwan dan Trowulan sebanyak 6 Kopwan.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan DPRD Kab. Mojokerto, Ketua SKPD dan Camat se Kab. Mojokerto.

disadur dari : http://kenconowungutelecenter.wordpress.com/

Tinggalkan komentar

Filed under Agenda Cepu Telecenter, Berita, Cepu, Koperasi, potensi daerah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s