RAT Koperasi Wanita Mandiri Cepu

Koperasi Wanita Mandiri Cepu, Senin (8/3) kemarin mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2009, diselenggarakan di Rumah Ibu Hj. Sri Ngasiati selaku Ketua I. RAT Koperasi Wanita Mandiri Cepu dihadiri Dinas Perindustrian dan Koperasi yang diwakili oleh Bapak Dien Sudihanto selaku Kabid Koperasi dan UMKM serta pengurus dan anggota koperasi Wanita Mandiri.

Acara dibuka oleh sambutan dari Ibu Hj. Sri Ngasiati selaku Ketua I Koperasi Wanita Mandiri. Beliau mengucapkan terima kasih kepada segenap anggota dan pengurus Koperasi Wanita Mandiri, segenap tamu undangan, serta Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Blora dan Pusat Koperasi Wanita Jawa Timur(Puskowanjati) selaku Pembina Koperasi Wanita Mandiri. Tak lupa beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Proyek Kerjasama antar Puskowanjati dengan Bang Dunia, yang telah memberikan kepercayaan kepada Koperasi Wanita Mandiri sebagai salah satu tempat berdirinya Telecenter. Semoga Telecenter ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Cepu pada umumnya dan anggota Koperasi pada khususnya.

Bapak Dien dalam sambutannya menekankan bahwa RAT ini memiliki arti penting, mengingat RAT merupakan tanda bahwa Koperasi ini masih eksis. Beliau juga sangat mengapresiasi bantuan 3 set komputer dari Pertamina EP Cepu kepada Telecenter Wanita Mandiri Cepu, hal ini juga menunjukkan bahwa Koperasi dan juga Telecenter masih diberikan kepercayaan oleh pihak lain. RAT merupakan cerminan demokrasi ekonomi khususnya pengurus koperasi dalam mempertanggungjawabkan operasional usaha selama satu tahun buku kepada segenap anggota koperasi. Selain itu RAT juga merupakan media dialog yang efektif berkenaan dengan perkembangan usaha, baik yang sudah dilaksanakan, sedang berjalan maupun rencana perkembangan dimasa mendatang.

Selanjutnya Bapak Dien juga mengingatkan lagi tentang perlu ditingkatkannya kedisiplinan anggota dalam menerapkan Sistem Tanggung Renteng yang selama ini dianut oleh Koperasi Wanita Mandiri Cepu sebagai anggota dari Puskowanjati. Lebih lanjut, beliau juga mengharapkan setiap anggota tetap memegang teguh bahwa seharusnya melakukan pinjaman  berdasarkan alasan produktif bukan konsumtif.

Dalam RAT ke V ini pengurus memberikan laporan antara lain :

  • Bidang Organisasi
  1. 1. Kegiatan Kedalam
    • Sekretariat

      Melaksanakan Rapat Pengurus. Pleno, dan Pengawas secara berkala

    • Pembinaan / Pelatihan
      1. Melakukan pembinaan lapangan ke kelompok-kelompok secara berkesinambungan mengenai Tanggung Renteng. Dalam Periode tahun 2009 telah dilaksanakan pembinaan sebanyak 72 kali.
      2. Menghadirkan PPL dari Puskowanjati
      3. Memberikan pengarahan, sosialisasi mengenai Telecenter serta mengikutsertakan pelatihan komputer gratis kepada anggota
  1. 2. Kegiatan KeluarMenghadiri dan mengikuti berbagai pelatihan, pertemuan, dan sosialisasi yang berkaitan dengan Koperasi
    Jumlah anggota pada akhir tahun 2009 tercatat 304 orang yang terbagi dalam 20 kelompok2. Bidang Keuangan / Usaha
  • Permodalan
    • Jumlah modal seluruhnya tahun 2009 turun 2,99%
  • Usaha
    • Pemberian pinjaman anggota naik 2,23 %

Menyikapi laporan tahun 2009 ini diharapkan sikap aktif dan tanggung jawab dari segenap pengurus dan anggota Koperasi Wanita Mandiri. Sehingga kekurangan yang ada bisa lebih diperbaiki pada Tahun Buku 2010. Dukungan dari pihak lain yang terkait seperti Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Blora serta Puskowanjati selaku Pembina sangat diharapkan, untuk lebih memajukan serta mewujudkan tujuan Koperasi yaitu Mensejahterakan Anggota.

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Jawa Tengah, Koperasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s