Dunia boleh Maya tetapi awas … Resikonya Nyata

Suka atau tidak, disadari atau tidak, saat ini tidak ada lagi aspek dalam kehidupan ini yang tidak berhubungan dengan dunia maya. Internet, telepon seluler, komputer, dan lainnya membentuk dunia maya atau dunia digital. Tidak banyak yang menyadari bahwa bukan hanya dunianya saja yang maya, tetapi bahaya yang dihadapinya pun lebih berbahaya, karena tidak ada aktivitas yang kasat mata (maya).

Di awal tahun 2008, tersebar berita melalui e-mail mengenai kejadian yang menimpa seorang nasabah bank besar, lengkap dengan nomer laporan ke Polda Metro Jaya. Saldo tabungan miliknya menyusut 94 juta dalam waktu 4 hari, karena dirampok seseorang melalui mesin ATM. Kosus tersebut hanya sebuah contoh dari sekian banyak kasus yang lain. Namun, para wartawan yang biasanya gencar memberitakan perampokan fisik, seolah-olah tenang saja saat banyak kasus perampokan maya terjadi di dalam sistem perbankan.

Ada dua hal yang seharusnya mendapat perhatian serius di Indonesia. Pertama adalah cukup banyaknya nasabah perbankan yang uangnya raib karena berbagai kelemahan pada penerapan teknologi informasi perbankan. Kedua adalah pencurian uang oleh sebagian content provider nakal melalui pengiriman SMS premium. Modus “penyedotan” pulsa dimana pelanggan harus membayar saat menerima SMS berisi informasi yang tidak diinginkan. Tidak ada pihak yang dapat menjamin dan membuktikan bahwa hanya pelanggan yang benar-benar mendaftarkan nomer ponsel yang menerima SMS premium.

Kesadaran akan berbagai resiko dan kepedulian kita semua merupakan jawaban agar tetap aman di dunia maya.Teknologi keamanan merupakan alat bantu yang memiliki banyak keterbatasan. Nyaris tidak ada perusahaan yang bisa hidup tanpa bersentuhan dengan dunia maya. Orang tua pun tidak mungkin mencegah anaknya berhubungan dengan internet karena suatu saat tidak ada murid yang dapat mengerjakan tugas sekolah tanpa mengakses internet. Internet merupakan sumber daya tanpa batas yang harus dimanfaatkan secara positif sehingga akan memberikan manfaat yang juga luar biasa. Namun hanya mereka yang benar-benar sadar dan peduli akan keamanan dunia maya yang dapat menikmatinya dengan mengurangi efek negatif yang ditimbulkan.

Dengan adanya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), diharapkan sebanyak mungkin orang sadar bahwa siapa pun memiliki resiko hukum jika tidak berhati-hati menggunakan teknologi informasi yang dimilikinya. Selalu waspada menjadi kunci untuk dapat hidup nyaman di dunia maya.

(Gildas Deograt Lumy, CISSP – Senior Information Security Consultant di XecureIT) pada Majalah INFOkomputer edisi Maret 2010

Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) bisa di download disini

Tinggalkan komentar

Filed under Pengetahuan, Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s