Minat sarjana baru jadi wirausaha minim

Hasil kajian pemerintah menunjukkan minat alumnus perguruan tinggi menjadi wirausahawan minim, karena para sarjana fresh graduate (lulusan baru) tersebut cenderung memilih profesi menjadi karyawan atau pegawai kantor.

Neddy Rafilandi Halim, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia UMKM Kementerian Negara Koperasi dan UKM mengatakan dari puluhan ribu sarjana yang merupakan lulusan baru, hanya sekitar 17% yang berminat menjadi wirausaha. “Kondisi ini kurang mendukung program pemerintah mengurangi angka pengangguran kalangan terdidik dari perguruan tinggi, sebab 87% dari mereka cenderung menjadi karyawan kantor.” Saat ini jumlah sarjana yang menganggur di Indonesia sedikitnya tercatat 626.000 orang. Untuk mendorong keinginan pemerintah meningkatkan perekonomian nasional, jumlah wirausahawan ditargetkan minimal 2% dari total penduduk Indonesia. Jika jumlah wirausahawan mampu mencapai 2% dari sekitar 235 juta penduduk Indonesia saat ini, perekonomian nasional bisa mensejahterakan rakyat, kata dia. Dengan latar belakang itu Kementerian Negara Koperasi dan UKM tengah menggalakkan program kewirausahaan bagi sarjana baru.

Dia mengemukakan dengan landasan kesejahteraan tersebut instansi itu tengah menjaring calon wirausaha muda dari perguruan tinggi sebanyak 1.000 orang dari setiap provinsi. Hingga saat ini sudah tujuh provinsi yang menjalankan proses seleksi, dan bagi yang mampu membuat proposal layak atas rencana usaha maka permodalan usahanya akan difasilitasi pemerintah.

Dalam program ini Kementerian Koperasi dan UKM melibatkan peran perguruan tinggi setempat maupun pemerintah provinsi, dan juga bersinergi dengan kepala Dinas Koperasi dan UKM daerah maupun perusahaan BUMN serta BUMD. Dari 4.075 sarjana baru yang masuk dalam program kewirausahaan, sebanyak 1.953 di antaranya menyatakan berminat dengan mengisi formulir dan menyampaikan data-data. Di DKI Jakarta misalnya, sebanyak 60 orang sarjana sudah menyampaikan proposal usahanya.

Sumber : Bisnis Indonesia, Situs Kementrian Koperasi dan UKM Indonesia

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, ukm, UMKM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s