6 Cara Memasukan Produk Kedalam Pasar

Seorang entrepreneur selalu memikirkan bagaimana caranya memasukan ciptaan mereka kedalam pasar. Ciptaan yang dibuat pun bermacam-macam seiring dengan jumlah pencetusnya. Dari perlengkapan makan bayi, software programs, frozen foods, peralatan elextronik berkebun hingga aksesoris handphone.

Dalam mencari tahu bagaimana cara memasukan ciptaan anda ke dalam pasar biasanya lebih terkait dengan kesuksesas anda daripada kelebihan atau keuntungan dari produk ciptaan anda. Pada kenyataannya, konsumer aktif sebenernya tidak membeli ciptaan, melainkan produk. Jadi ubahlah cara penyampaian anda dari hanya sekedar ajang pembuatan ciptaan menjadi sebuah cara untuk bagaimana menjual sebuah produk.

Langkah pertama yang anda harus lakukan adalah mencari tahu atau meneliti bagaimana cara orang lain dapat memasukan produk mereka kedalam pasar. Pahamilah segala macam perangkat yang tersedia termasuk laporan hasil penjualan, intelektual property seperti trademarks, copyrights dan macam-macam hak paten lainnya, serta potensi pasar untuk produk anda. Ada beberapa buku-buku, bimbingan, hingga komuntas online yang dapat membantu penelitian anda, namun karena andalah pencipta dari produk anda, maka andalah orang yang paling tepat dalam menentukan dimana pasar yang terbaik untuk produk anda.

Jika anda tidak ingin menghabiskan tenaga dan waktu untuk memperoleh informasi, mempelajari kesempatan anda dan bahkan membuat konsep dasar perencanaan bisnis, walau anda memiliki banyak uang untuk berinvestasi dalam projek tersebut, itu bukanlah sesuatu hal yang layak untuk anda kejar.

Pertanyaan kedua yang juga sering ditanyakan adalah, ?Bagaimana cara mendapatkan hak paten?? kita sering menemukan bahwa banyak investor beranggapan jika langkah pertama yang harus dilakukan dalam sebuah proses adalah mengurus hak paten. Hak paten bukanlah sebuah hasil ciptaan dan dengan mendapatkan hak paten bukan berarti produk anda dapat menembus pasar.

Jika anda sulit mempercayai hal ini, coba tanyakan seorang pengacara hak paten berpengalaman, kira-kira berapa dari klien-klien penemu kecil mereka yang dapat mengasilkan uang lebih banyak dari biaya hak paten mereka.

6 langkah cara memasukan produkmu kedalam pasar

  1. Belilah satu atau dua buku terkemuka tentang penemuan. Carilah yang fokus dalam menghasilkan uang, bukan hanya paten saja dan pastikan anda membaca secara seksama. kita sering mendengar banyak orang mengeluh, ?Saya membeli bukumu tapi saya tetap bingung.? Dalam menjawab beberapa pertanyaan kita menemukan bahwa sebenarnya mereka tidak benar-benar membaca buku tersebut. Setelah langkah ini anda boleh mencoba lima langkah berikutnya untuk menggabungkan segala sesuatu yang telah anda pelajari dalam penilitian anda.
  2. Lakukan sebuah pelitian pasar. Kenali macam produk dalam pasar, baik itu online atau dalam toko yang menyerupai ide produk anda, dan lihat darimana perusahaan yang memproduksi serta dimana produk-produk itu dijual.
  3. Habiskan waktu di Dirjan HAKI (Hak Intelektual) dan website kantor hak cipta untuk mengenali dan menganalisis segala macam patent yang menyerupai atau berhubungan dengan concept anda.
  4. Kembangkan sebuah prototype sebaik mungkin dari sumber-sumber yang tersedia. Ini bisa dijadikan sebagai gambaran dasar atau bentuk pengembangan pembuatan produk professional.
  5. Bergabunglah dengan para entrepreneur lainnya dalam komunitas lokal area atau online untuk berbagi informasi, sumber dan tawaran/usulan bantuan.
  6. Buat draft untuk perencanaan bisnis sederhana, dimulai dari fundamentalnya.

Hindari segala macam bentuk godaan yang menawarkan jalan pintas yang meragukan. Berhati-hatilah kepada oknum-oknum yang mengaku bahwa mereka mempunyai izin serta cara yang unik untuk memasukan produk anda ke dalam pasar. Mulailah dengan mempelajari dasar spekulasi kondisi pasar. Ingat, anda adalah orang yang terbaik untuk membawa produk anda kedalam pasar, jadi mulailah segera!

(yea/dari berbagai sumber)

Sumber : http://yea.co.id/6-cara-memasukan-produk-kedalam-pasar.html; http://www.juale.com/news/article/36/6-cara-memasukan-produk-kedalam-pasar

Tinggalkan komentar

Filed under Belajar, Motivasi, Tips, ukm, UMKM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s