Waspadai Musim Penghujan

Musim penghujan datang, seiring dengan itu banyak hal yang mengikutinya, mulai dari bencana alam sampai penyakit. Semua hal tersebut harus selalu kita waspadai, walaupun sebenarnya kita tidak menghendakinya, tetapi alangkah lebih baik kalau kita mempersiapkan diri.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, beberapa saat yang lalu Cepu dan sekitarnya dilanda angin puting beliung, yang menyebabkan rusaknya rumah, hutan, dan fasilitas umum, serta meninggalkan korban dan trauma yang berkepanjangan. Tampaknya hal ini masih perlu kita waspadai, karena menurut perkiraan BMG angin kencang dan hujan dengan curah yang tinggi seperti ini masih akan berlangsung sampai dengan akhir Februari. Langsung atau tidak, kita akan merasakan akibatnya. Terganggunya jalur transportasi, menurunnya pasokan ikan di pasar, bahkan sampai terganggunya jaringan komunikasi.

Bukan hanya itu saja, bagi masyarakat disepanjang aliran Sungai Bengawan Solo selalu dibayangi meluapnya air Bengawan Solo, seperti 2 tahun yang lalu. Tak terkecuali Cepu, kejadian tersebut merupakan pengalaman paling pahit yang menyisakan trauma tersendiri. Hampir selama 1 bulan kegiatan menjadi lumpuh total, karena terputusnya jalur transportasi, menuju dan keluar dari Cepu. Memang saat ini sudah mulai dibangun tanggul dibantaran sungai, namun pengerjaannya masih belum selesai 100%.

Bukan hanya banjir yang jadi bahaya , namun berbagai penyakit juga langganan mampir saat musim hujan tiba. Berikut beberapa tips untuk menghindari sakit bawaan musim penghujan:

Mencegah Flu

  1. Cuci Tangan
    • Sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin pakai sabun dan kalaubisa dengan air hangat.
  2. Jangan Menyentuh Muka
    • Biasanya virus flu masuk ke tubuh lewat mata, hidung atau mulut. Jadi usahakan jangan terlalu sering menyentuh bagian muka.
  3. Konsumsi Makanan Mengandung Phytochemical
    • Phytochemical adalah bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat padabuah dan sayur segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap, jadi usahakan memperbanyak konsumsi makanan jenis ini.
  4. Minum Banyak Air
    • Air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa butuh delapan gelas air dalam sehari. Usahakan untuk  banyak minum air putih, untuk mengangkat racun-racun dalam tubuh.

Mencegah Demam Berdarah

  1. Rajin-rajinlah membersihkan selokan, bak-bak air tadah hujan dan menyiangi kebun untuk menghidari nyamuk berkembang biak.
  2. Usir nyamuk dengan obat nyamuk sebelum berangkat tidur, atau Anda bisa menggunakan obat nyamuk gosok.


Cegah Diare:

  1. Saat hujan turun tiap hari, selokan-selokan yang tersumbat biasanya meluap, dan membawa parasit cacing serta amoeba turut terangkat.
  2. Untuk mencegah diare biasakan untuk menjaga kebersihan, biasakan cuci tangan dan kaki setelah berpergian.
  3. Kenakan alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit masuk lewat kulit.
  4. Hindari membeli makanan di sembarang tempat. (sumber: kapanlagi)

Tinggalkan komentar

Filed under Cepu, Pengetahuan, Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s