Pelatihan Kemasan Pangan untuk UKM

Senin, 21 Desember 2009

Bertempat di kantor PPL Pertanian Kecamatan Cepu, dalam acara pertemuan rutin KWT (Kelompok Wanita Tani) dan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Kecamatan CEPU.

Kami memberikan pelatihan tentang “Kemasan Pangan untuk UKM”, acara ini dihadiri oleh 15 orang dari 12 kelurahan yang ada di Kecamatan Cepu, dimulai pukul 11.00 sampai selesai. Pelatihan ini kami berikan dengan tujuan bahwa para pemilik UKM mengetahui betapa penting memperhatikan bagaimana pengemasan produk mereka.

Pengemasan sendiri bermaksud untuk melindungi produk dari kerusakan (fisik) dan memudahkan dalam pengangkutan dan distribusi. Selain itu pengemasan yang menarik juga bisa memberikan nilai tambah terhadap produk yang ditawarkan serta dapat menimbulkan minat para konsumen untuk membeli.

Untuk jenis-jenis bahan kemasan sendiri ada bermacam-macam, mulai dari plastik, kardus, kertas, botol dan masih banyak yang lain. Sebelum membuat kemasan dari suatu produk, akan lebih baik jika kita mengikuti tahapan sebagai berikut : survei pasar, penentuan merk dan desain, pembuatan sampel, uji coba pasar, evaluasi dan perbaikan, serta pembuatan kemasan jadi.

Materi yang disampaikan sendiri kami ambil dan simpulkan dari beberapa tulisan yang sebelumnya sempat kami muat di web kami ini. Sehingga semua orang baik yang telah mengikuti pelatihan ataupun belum bisa mendapatkan materi tersebut dengan cuma-cuma. Pada kesempatan ini kami juga mensosialisasikan layanan bisnis kami yaitu design dan cetak kemasan.

1 Komentar

Filed under Agenda Cepu Telecenter, Agenda Kegiatan, agrobisnis, Belajar, Berita, Cepu, kemasan, Pelatihan, pertanian, ukm, UMKM

One response to “Pelatihan Kemasan Pangan untuk UKM

  1. Ping-balik: » ‘Apakah anda menyediakan kemasan yang biodegradable?’ Me and my Dzain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s