Temulawak

Tanaman yang tingginya bisa mencapai 2,5 meter ini banyak ditemukan di hutan-hutan tropis. Daunnya berwarna hijau tua, bergaris coklat. Bunganya berwarna kuning dan bergerombol. Rimpang temulawak yang beraroma khas sudah lama dipakai sebagai obat. Sepintas temulawak mirip kunyit namun lebih besar.

Suku : Zingiberaceae

Kandungan dan manfaat : Rimpang temulawak mengandung banyak minyak atsiri, diantaranya zat kurkumin. Minyak atsiri ini bersifat anti bakteri, koleretik (merangsang keluarnya produksi empedu), menurunkan kadar kolesterol, menghilangkan nyeri, anti radang dan menurunkan panas. Selain itu, juga bermanfaat untuk mencegah penyakit lever dan melancarkan air seni.

Kegunaan :

  1. Hepatitis
    • 2 jari temulawak dicuci, dikupas, diiris lalu direbus dengan 0,5 liter air dan sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
  2. Batu empedu
    • Resepnya sama dengan no. 1 tapi ditambah dengan 4 batang meniran.
  3. Sakit maag
    • 1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, dan diiris halus. Rebus dengan 0,5 liter air sampai airnya tinggal setengah. Minum selagi hangat-hangat.
  4. Ginjal
    • 1 rimpang temulawak dicuci, dikupas. Rebus dengan 4 gelas air bersama seganggam daun kumis kucing, segenggam daun meniran sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
  5. Asma
    • 1,5 rimpang temulawak dicuci, dikupas, dan diiris, direbus dengan 5 gelas air bersama sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
  6. Bisul
    • 5 iris temulawak yag sudah dikupas, lalu direbus dengan 2 gelasa air bersama sedikit gula aren. Setelah diangkat dari api, masukkan seribu jari asam jawa. Setelah agak dingin, disaring, diminum sekaligus.
  7. Kolesterol
    • 1 rimpang temulawak yang sudah dikeringkan, ditumbuk sampai halus lalu diseduh dengan air. Seteleh agak dingin, disaring, diminumlangsung.
  8. Eksem
    • 7 iris temualawak yang sudah dikeringkan, ditumbuk sampai halus lalu diseduh deng air. Setelah agak dingin, disaring, diminumlangsung.
  9. Menambah nafsu makan
    • 2 rimpang temulawak dicuci, dikupas, diiris. Rebus dengan 2 gelas air bersama 1/4 lengkuas, 1/2 genggam daun meniran sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum ramuan ini 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.
  10. Bau badan
    • 5 iris temu lawakdi cuci, direbus dengan 1/2 gelas air selama 15 menit. Airnya diminum 1x sehari, sekaligus.
  11. Sembelit
    • 1 rimpang temulawak dicuci, diparut, lalu diperas. Air perasan itu diberi sedikit asam jawa dan gula aren. Diaduk, disaring, diminum 1x sehari.
  12. Memperbanyak ASI
    • Parut 1 rimpang temulawak yang sudah dicuci, lalu dicampurkan dengan sedikit tepung kanji dan sedikit air panas. Aduk. Minum ramuan ini 2x sehari.
  13. Sariawan
    • 1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, diiris. Direbus dengan 2 gelas air bersama 1 buah asam, sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Angkat dari api. Masukkan 1 mata asam. Aduk, saring. Diminum 2x sehari.
  14. Menghilangkan nyeri haid
    • 1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, dan diiris. Beri sedikit gula aren dan rebus dengan 1 gelas air. Angkat dari api. Masukkan sedikit asam kawak. Aduk, saring. Diminum sekaligus, 1x sehari.
  15. Batuk
    • 1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, diparut sambil diberi 1 gelas air matang. Peras, beri sesendok teh madu dan air perasan jeruk nipis. Minum 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Tinggalkan komentar

Filed under Cepu, Kesehatan, Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s