Sembung

daun_sembungTanaman liar ini bisa mencapai tinggi lebih dari 3 meter. Daunnya yang lebar, lonjong berujung lancip itu berbulu putih di bagian bawah dan tepinya bergerigi. Kalau daunnya dimemarkan akan mengeluarkan bau seperti kamper. Bunganya bergerombol pada ujung batang dan berwarna kuning.

Suku : Asteraceae

Kandungan dan manfaat : Mengandung minyak atsiri, antara lain sineol dan borneol, selain itu juga kamper dan zat samak (tatin). Karena mengandung flavanol, ia juga berkhasiat anti radang. Sembung melancarkan peredaran darah, menghambat pertumbuhan kuman, mempermudah pengeluran keringat dan air seni, mengencerkan dahak dan menghangatkan.

Kegunaan :

  1. Menghilangkan bengkak dikaki dan tangan akibat peredaran darah tidak lancar (karena denyut jantung lambat)
    • 3 – 5 helai daun sembung atau segenggam penuh pucuk daun sembung dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, minum 1 atau 2x sehari selama seminggu atau lebih.
  2. Flu
    • Cara I : 3 helai daun sembung dan segenggam daun ketepeng dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Cukup untuk diminum 2x sehari selama beberapa hari.
    • Cara II : 3 helai daun sembung, segenggam daun sembukan dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setangah. Cukup untuk diminum 2x sehari selama beberapa hari. Ramuan ini juga bisa dipakai mengobati perut mules.
  3. Rematik, pegal, linu
    • 5 helai daun sembung dicuci, dilumatkan bersama 1/4 sendok teh kapur sirih. Ditempelkan sebagai tepal ke sendi-sendi yang bengkak atau bagian tubuh yang pegel/linu.
  4. Perut kembung karena gangguan empedu
    • 3 helai daun sembung atau segenggam pucuknya dicuci. Dilumatkan lalu diseduh dengan segelas air. Setelah suam-suam kuku disaring. Airnya diminum.
  5. Kolik karena gangguan batu empedu
    • 3 helai daun sembung dicuci bersih, direbus dengan segelas air samapi airnya tinggal setengah. Diminum saat menderita kolik.
  6. Melegakan tenggorokan
    • 2 helai dun sembung dicuci, dilumatkan dengan asam kawak seruas kelingking dan sedikit garam. Beri 1/2 gelas air, aduk dan peras dengan kain. Diminum sebelum sarapan.
  7. Demam
    • Cara I : Didihkan air bersama sejumlah daun sembung yang sudah dicuci. Air rebusan daun sembung dalam keadaan suam-suam kuku dipakai untuk berendam sebentar. Juga baik untuk dipakai mencuci tangan dan kaki setelah menginjak/memegang sesuatu yang kotor atau di tempat banyak orang menderita demam.
    • Cara II : Cuci 10 helai daun sembung, 10 helai daun sirih, 3 tapak liman beserta akarnya, segenggam daun beluntas dan sepotong lengkuas yang diiris-iris. Rebus semuanya dengan banyak air. Gunakan air rebusan ini untuk mandi.

sembung-03

2 Komentar

Filed under Cepu, Kesehatan, Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

2 responses to “Sembung

  1. egha

    daun ini bisa buat obat bronkitis gak seh………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s