Saga

SagaTanaman merambat ini biasa tumbuh liar. Daun majemuknya menyirip ganjil dan kecil-kecil. Buah polongnya kecil-kecil lonjong, berwarna merah hitam dan keras. Daunnya terasa kemanis-manisan. Karena itu ia juga disebut saga manis. Ada saga yang berbeda, yaitu saga pohon atau saga hutan (Adenanthera pavonina L.) yang buah polongnya tidak ada bintik hitamnya, melainkan merah semua. Daunnya tidak berkhasiat untuk obat. Bijinya biasa diasah supaya pipih dan dironce untuk kalung.

Suku : Papilionaceae

Kandungan dan manfaat : Daun dan akarnya yang mengandungglisirrhizin dan prekatorina berkhasiat menetralkan. Akarnya berkhasiat antiradang dan melancarkan air seni. Daunnya anti batuk, juga baik untuk sariawan dan radang tonsil. Tapi, bijinya yang bagus merah hitam itu mengandung abrin yang beracun sehingga anak-anak harus diberi tahu agar jangan memakannya. Racun ini hilang kalau biji dimasak. Bijinya berguna untuk antiradang dan antiparasit.

Kegunaan :

  1. Sariawan
    • Cara I : 1 gelas daun saga segar dicuci, direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum siang hari sedikit-sedikit.
    • Cara II : Daunnya dikeringkan, lalu dibalut dengan daun kawung kering dan disulut seperti rokok, sehingga menjadi abu. Abunya ditutulkan ke bibir/lidah yang sariawan.
    • Cara III : Segelas daun saga segar dicuci, diseduh dengan 2 gelas air seperti membuat seperti teh. Saring dan minum. Bisa juga untuk kumur-kumur. Ramuan ini juga bisa untuk mengobati serak dan amandel yang membengkak.
  2. Batuk pada anak-anak
    • Cara I : Segelas daun saga beserta tangkainya, 1 bawang merah dikupas, 1 sendok teh rata adas manis, 2 ruas jari kayu pulasari. Semua dicuci, lalu direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Tambahi gula batu supaya rasanya enak. Saring dan minum menjelang tidur. Diulang sampai sembuh.
    • Cara II : 1/2 gelas daun saga, 1/2 gelas daun asam, sepotong kayu manis Cina, dicuci, direbus bersama segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Airnya diminum sekaligus 1x sehari. Ulangi sampai sembuh.
  3. Mengencerkan dahak
    • Segelas daun saga beserta tangkainya dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini cukup untuk 3x minum selama sehari. Ulangi selama beberapa hari.
  4. Amandel
    • Seganggam akar daun saga dicuci bersih, potong-potong. Sepotong kayu manis Cina berukuran 5 cm dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sehingga airnya tinggal setengah. Saring. Airnya cukup untuk diminum 2x sehari. Ulangi sampai sembuh.
  5. Panas perut
    • Ramuan seperti resep no.3.

Saga

2 Komentar

Filed under Cepu, Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

2 responses to “Saga

  1. tri wahyuni

    sertakan morfologinya juga donk, pak,,,,,šŸ™‚

  2. Trimakasih artikelnya,,,Good artikel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s