Menggugat Nasionalisme Kaum Muda

Demikianlah tema yang diangkat pada Seminar Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda dan Pelajar Tingkat Kabupaten Nasional. Bertempat di Pendopo Kecamatan Cepu, pada tanggal 29 Oktober 2009 dan dihadiri oleh beberapa perwakilan pelajar dari seluruh sekolah di Kecamatan Cepu serta beberapa mahasiswa dari Sekolah Tinggi yang ada di Cepu. Dengan pembicara Bapak Farhan Hilmie.

DSC01375Realitas pemuda yang mengemuka saat ini adalah pemuda penuh dengan permasalahan sosial atau bahkan juga kriminal. Lihat saja, tawuran antar mahasiswa, pelajar, geng, pemuda kampung seolah menjadi tren dikalangan pemuda saat ini. Selain itu juga masih banyak persoalan yang lain, misalnya terlibat dalam jaringan peredaran gelap narkoba, pecandu narkoba, pergaulan bebas dan pengangguran.

Dikala banyak gugatan dilayangkan ke pemuda karena dinilai nasionalismenya meluntur, terdapat prestasi generasi muda yang dapat dibanggakan di dunia internasional. Pemegang olimpiade matematika, fisika dan berbagai prestasi olahraga yang telah diukir oleh olah ragawan muda kita merupakan konfirmasi empiris bahwa generasi muda masih mempunyai daya juang dan idealisme.

Harus kita sadari bahwa bangsa kita selain mempunyai potensi yang luar biasa, juga mempunyai titik-titik kerawanan yang sangat tinggi. Sebagai bangsa yang majemuk, Indonesia rentan terhadap potensi perpecahan.

Wacana diatas adalah sepenggal kutipan dari materi seminar yang diadakan pada tanggal 29 Oktober 2009 oleh Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Blora.

Tinggalkan komentar

Filed under Agenda Kegiatan, Agenda Masyarakat, Berita, Cepu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s