Pegagan

pegaganPegagan adalah tumbuhan merayap yang biasanya tumbuh liar. Namun ada juga yang sengaja menanamnya sebagai penutup tanah. Tumbuhan yang dikenal jga dengan nama daun kaki kuda atau antanan gede ini menyukai tanah yang lembab dan cukup sinar matahari, seperti tepi selokan, galangan sawah dan sebagainya. Daunnya bundar berhelai tunggal, berbentuk ginjal, tepinya bergerigi. Buahnya kecil-kecil seperti buni, lonjong, dan agak wangi.

Suku : Apiaceae

Kandungan dan manfaat : Pegagan memiliki senyawa asiaticosida, senyawa antilepra yang juga berguna sebagai penyembuh luka, radang tenggorokan, perut, dan usus. Selain itu pegagan bersifat manis, mendinginkan, membersihkan darah, dan melancarkan peredaran darah. Tumbuhan ini juga kaya akan mineral seperti garam-garam kalium, magnesium, kalsium dan besi. Tanaman ini juga mengandung tanin yang kemungkinan dapat membantu mengatasi radang usus dan sakit perut.

Kegunaan :

  1. Lepra
    • Seganggam pegagan segar dicuci. Rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 3/4 gelas. Minum 3 x 3/4 gelas sehari.
  2. Hipertensi
    • 20 helai daun pegagan segar, rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 3/4 gelas. Saring. Minum sehari 3 x 3/4 gelas.
  3. Ambeien
    • 4 -5 batang pegagan berikut akarnya dicuci, direbus dengan 2 gelas air selama 5 menit. Saring. Minum rebusan ini 2x sehari 1 gelas selama beberapa hari.
  4. Demam
    • Seganggam pegagan segar dicuci, dilumatkan. Tambahkan 3/4 gelas air dan sedikit garam. Aduk, saring. Minum ramuan ini pagi sebelum sarapan.
  5. Demam yang tidak diketahui sebabnya
    • Segenggam penuh daun pegagan dicuci, dilumatkan. Beri 1/2 gelas air, saring, tambahkan sedikit garam. Minum dipagi hari sebelum sarapan. Hari berikutnya seganggam penuh dayn pare dibuat sama seperti diatas. Lakukan selang-seling selama 10 hari.
  6. Melancarkan air seni
    • Seganggam daun pegagan dicuci, dilumatkan, dan tempelkan pada pusar.
  7. Campak
    • 2 genggam daun pegagan segar dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Minum setiap hari sekali sampai sembuh.
  8. Batuk
    • Segenggam pegagan egar dicuci, dlumatkan. Tambahkan air 3/4 gelas dan gula batu secukupnya. Aduk. Saring. Minum 1x sehari sampai sembuh.
  9. Mimisan
    • Seganggam daun pegagan secukupnya dicuci, direbus dengan 3/4 gelas air. Saring, minum. Ulangi 3x sehari.
  10. Sakit kepala
    • Seganggam daun pegagan, 1/4 sendok jintan dicuci, direbus dengan segalas air sampai tinggal setengah. Saring dan tambahi 1 sendok madu sebelum diminum.
  11. Mata merah, bengkak
    • Seganggam daun pegagan dicuci, dilumatkan. Peras, saring, teteskan ke mata yang sakit 3 – 4x sehari.
  12. Menambah nafsu makan
    • Seganggam daun pegagan segar dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Diminum sehari 1 gelas.

1 Komentar

Filed under Kesehatan, Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

One response to “Pegagan

  1. adimulya

    thanks atas informasinya…. semoga bermanfaat bagi masyarakat,…. kalau bole tahu Daun pegagan bahasa indonesianya apa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s