Lengkuas

lengkuasLengkuas atau laos ada yang berimpang putih, ada pula yang berimpang merah. Yang merah ukurannya lebih besar dan kahsiatnya untuk obat lebih banyak. Tanaman ini memiliki batang semu seperti jahe, tapi tingginya bisa sampai 2 m. Daunnya pun lebih melebar. Lengkuas yang subur panjang daunnya bisa setengah meter dan lebarnya 15 cm.

Suku : Zingiberaceae

Kandungan dan manfaat : Mengandung minyak atsiri antara lain: galangol, galangin, alpinen, kamfer, methyl-cinnamate. Lengkuas berkahsiat antijamur, anti-bakteri, menghangatkan, membersihkan darah, menambah nafsu makan, mempermudah pengeluaran angin dari dalam tubuh, mengencerkan dahak, mengharumkan, merangsang otot dan konon berkahsiat aprodisiak.

Kegunaan :

  1. Panu
    • Cara I : Sepotong lengkuas segar dicuci bersih, dimemarkan salah satu ujungnya. Bagian yang memar dan berserabut itu dicelupkan ke 1 sendok makan cuka, lalu diusapkan ke bercak panu yang sudah dibersihkan. Lakukan 2 – 3x sehari sampai sembuh.
    • Cara II : Seibu jari lengkuas segar dicuci dan diparut, 10helai daun belimbing waluh dicuci, dilumatkan bersama 1 sendok teh kapur sirih dan sedikit garam. Semua dicampur. Dioleskan ke panu 2 -3x sehari sampai sembuh.
  2. Nyeri haid
    • Seibu jari lengkuas segar, setelunjuk kunyit dicuci, dikupas, dan dimemarkan, 1 sendok makan ketumbar, 3 tanaman meniran beserta akarnya, dicuci. Semua direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring airnya. Cairan ini cukup untuk 2 hari. Diminum pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas. Yang belum terminum taruh di lemari es.
  3. Kutil
    • Cara I : Sepotong lengkuas segar dicuci bersih, diparut. Ulek bersama 2 sendok teh penuh kapur sirih. Dioleskan ke kutil beberapa kali sehari sampai kutil hilang.
    • Cara II : Sepotong lengkuas segar dicuci, diparut, dilumatkan bersama 1 bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci serta diberi 1 sendok teh cuka. Oleskan ramuan ini pada kutil.
  4. Obat kuat
    • Cara I : 2 potong lengkuas segar masing-masing seukuran ibu jari, 3 potong jahe segar seukuran ibu jari, dicuci, diparut. Diperas dengan kain. Airnya dicampur dengan sebutir ragi tapai yang dihaluskan dan air dari 2 jeruk nipis, sedikit garam, 1/2 sendok teh merica dan 1/2 gelas air. Aduk dan minum secara berkala.
    • Cara II : Lengkuas dicuci, dimemarkan, direbus sampai airnya tinggal setengah dan diminum secara berkala.
  5. Menguatkan otot yang lama tidak digerakkan karena sakit atau rematik
    • Beberapa potong lengkuas segar dicuci, diparut, airnya diperas dengan kain, digosokkan ke bagian badan yang lemah. Bisa juga lengkuasnya dipakai untuk menggosok.
  6. Limpa bengkak
    • 2 potong lengkuas segar seukuran ibu jari, 3 potong temulawak seukuran ibu jari. Keduanya dicuci den diiris. Rebus bersama secangkir daun meniran dan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum separuh pagi, separuh sore. Ulangi sampai sembuh.
  7. Membersihkan darah
    • 2 potong lengkuas sebesar ibu jari dikupas, diparut, diberi 1/2 gelas air, diperas dengan kain. Airnya diminum.

lengkuas 2

1 Komentar

Filed under Kesehatan, Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

One response to “Lengkuas

  1. Kenna Prayogi

    Assalammualaikum wrb,

    Anak saya berumur 19 bulan. di dahinya ada bercak putih seperti panu katanya sieh bukan panu. munculnya dari umur 6 bulan hingga sekarang dan tidak pernah saya obati apa2 katanya sieh nanti juga hilang sendiri. tapi ya kl ada obat yg bisa cepat menghilangkan, saya mau. kata kakak ipar aku juga disuruh usapkan aja lengkuas. tapi sampai sekarang belum saya coba. kira2 benar gk ya lengkuas bisa menghilangkan bercak putih pada dahi anak saya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s