Kedelai

kedelaiKedelai merupakan tanaman semak semusim, tingginya 20 -60 cm. Batang tanaman kacang-kacang ini bersegi, berwarna hijau keputih-putihan. Daunnya majemuk, menyisip ganjil, bulat telur, ujung tumpul, tepi rata. Bunganya majemuk, berbentuk tandan, berwarna ungu. Buah kedelai berbentuk polong, seperti kacang, bertangkai pendek, pipih. Buah mudanya berwarna hijau dan tuanya berwarna kuning. Menurut varietasnya, ada kedelai hitam dan ada kedelai putih.

Bahan makanan dari kedelai yang kita kenal, antara lain tahu, tempe, tauco, kecap, kembang tahu, bubuk kedelai (kedelai disangrai, dihaluskan dan dimakan dengan nasi, lontong atau buras). Youghurt kedelai dan susu kedelai (saridele)

Mengapa harus susu dari kedelai, dan bukan dari jenis kacang lain? Soalnya, kedelai tidak hanya mengandung lebih banyak protein melebihi daging sapi dan ayam, tetapi juga kadar lemaknya yang relatif rendah tapi bernilai tinggi.

Suku : Papilionaceae (Leguminosae)

Kandungan dan manfaat : Kedelai mengandung protein, zat besi, kalsium, vitamin A, B, B1, B2, yang lebih banyak dibanding dengan jenis kacang lainnya, juga B12 yang ebrperan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Kandungan lesitin pada kedelai, yang mengandung lemak tak jenuh linoleat, oleat dan arakhidat, berfungsi sebagai lipotropikum, zat yang mencegah penumpukan lemak berlebihan dalam tubuh. Sedangkan, kandungan serat kedelai yang sangat tinggi, membantu merangsang metabolisme dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Zat mutagenik, antikanker, genistein, yaitu senyawa fitoesterogen dalam kedelai dapat menghambat pertumbuhan sel kangker atau tumor.

Kegunaan :

  1. Diabetes
    • Segenggam biji kedelai hitam direbus dengan 3 gelas air hingga air tinggal 1 gelas. Saring untuk diambil airnya. Minum 1x sehari 1 gelas.
  2. Batuk
    • 1 sendok makan kecap manis dicampur dengan perasan seiris jeruk nipis. minum sekaligus. Lakukan ini 3x sehari.
  3. Edema
    • 1 cangkir kedelai dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal segelas. Saring. Airnya diminum sekaligus. Lakukan 2x sehari sampai sembuh.
  4. Ginjal
    • 3 sendok makan biji kedelai direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, biarkan sampai air tinggal 1 gelas. Saring. Minum airnya setiap pagi secara rutin.
  5. Rematik
    • 1 sendok makan biji kedelai hitam, 1 sendok makan kacang hijau dan 2 sendok makan kacang tanah. Goreng semua bahan itu tanpa minyak, lalu tumbuk sampai halus. Makan 1 sendok teh, pagi dan sore hari.
  6. Anemia
    • Dianjurkan untuk mengkonsumsi tempe 200 g/minggu.
  7. Mencegah serangan jantung, hipertensi, anti-kanker dan tumor, hepatitis, diare
    • Makan makanan berbahan dasar kedelai sebanyak mungkin. Sedapatnya, hindari yang berbentuk gorengan.

    kedelai

1 Komentar

Filed under Kesehatan, Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

One response to “Kedelai

  1. salam..
    saat ini saya menjual CD cara bertani kedelai yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s