Kapulaga

kapulagaTumbuhan semak ini bisa sampai setinggi manusia, walaupun cuma memiliki batang semu. Daunnya yang lonjong berujung runcing itu bisa mencapai 30 cm panjangnya dan 10 cm lebarnya. Bunga majemuknya berwarna putih membentuk bulatan. Dari sana akan dihasilkan buah kotak berwarna putih yang harum sehingga selain dipakai sebagai obat karena khasiatnya, juga dipakai dalam bumbu. Bumbu kue lapis legit juga mengandung kapulanga yang kadang-kadang disebut kapol saja.

Sebenarnya lebih harum kapulanga sabrang (Elettaria cardamomum L.) Maton yang berasal dari irian, tapi boleh saja keduanya dipilih untuk resep-resep dibawah ini. Sebaiknya jumlah kapulanga tidak dilebih-lebihkan, karena kalau terlalu banyak bisa menganggu kerja cairan-cairan lambung.

Suku : Zingiberaceae

Kandungan dan manfaat : Mengandung minyak atsiri, antara lain alfaborneol dan betakamfer. Minyak atsirinya mengencerkan dahak, memudahkan pengeluaran angin dari perut, menghangatkan, membersihkan darah, menghilangkan rasa sakit, mengharumkan.

Kegunaan :

  1. Batuk pada anak-anak
    • 15 butir buah kapulaga, 2 cabai jawa, 10 iris lempuyang, 5 cm kayu manis, dicuci. Dua bawang merah dikupas, dicuci, diparut. Diseduh dengan 0,5 liter air. Tutup tempatnya. diminum setiap 2 jam sampai sembuh.
  2. Batuk
    • Biji kapulaga dicuci, dikunyah-kunyah. Cairannya ditelan.
  3. Perut kembung
    • 5 biji kapulaga dicuci, 5 iris jahe dicuci sebelum diiris. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. setelah dingin diminum 1x sehari.
  4. Mual
    • 5 biji kapulaga, sepotong kencur 3 cm, cuci, lumatkan. Seduh dengan segelas air. Sesudah dingin disaring. Airnya diminum.
  5. Radang tenggorok
    • 10 buah kapulaga, sepotong kunyit berukuran 5 cm dicuci, dimemarkan, diseduh dengan segelas air. Setelah dingin disaring. Airnya separuh diminum pagi, separuh lagi malam. Diulangi selama beberapa hari.
  6. Bau mulut
    • 8 buah kapulaga, 1 cangkir daun pegagan dicuci lalu diseduh dengan 1/2 gelas air. Tutupi. Setelah dingin, disaring dan diminum pagi-pagi pada saat perut masih kosong.
  7. Perut mulas karena kedinginan
    • 4 buah kapulaga dicuci, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, minum hangat-hangat.

    kapulogo-1

    1 Komentar

    Filed under Kesehatan, Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

    One response to “Kapulaga

    1. Mohon penjelasannya bagaimana cara menanam dan perawatan dari Kapulaga? karena saya berencana ingin menggunakan pupuk Golden Harvest (http://tiensgoldenharvest.co.cc) sebagai pengurang untuk pupuk kimia.

      Salam

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s