Jintan Hitam

jintan_hitamJintan hitam atau jintan hitam pahit adalah biji berbentuk kerucut berwarna kehitaman yang dibersihkan oleh tanaman berbatang lembut berbunga kuning. Dalam bahasa inggris disebut black cummin. Hendaknya kita jangan tertukar dengan jintan putih (Cuminum cyminum L. dari suku Apiaceae) yang lebih sering dipakai dalam masakan walaupun dipakai juga untuk jamu-jamu tertentu dan dalam bahasa inggris disebut cummin. Ia juga berbeda dengan jintan manis (pimpinella anisum, L. dari suku Apiaceae) yang sama dengan adas manis (Inggris : anise, Belanda : anijs). Bahkan dia juga berbeda dengan jintan (Carum carvi, L. dari suku Apiaceae) yang dalam bahasa inggris disebut caraway dan dalam bahasa Belanda disebut Karwijzaad.

Ia juga harus dibedakan dari daun jintan, yaitu daun lonjong tebal berbulu dan berwarna hijau muda dari tanaman Plectranthus amboinicus (L.) Spreng. yang juga dipakai dalam pengobatan. Penjualan ramuan obat di pasar bisa menolong anda dalam memperoleh jintan hitam yang tepat.

Suku : Ranunculaceae

Kandungan dan manfat : Biji juintan hitam antara lain mengandung minyak atsiri, minyak lemak, dan saponin melantin, umumnya bersifat anti bakteri, anti peradangan. Ia juga menghangatkan perut.

Kegunaan :

  1. Radang pada selaput lendir mata sehingga penglihatan berkabut
    • 2 sendok teh penuh jintan hitam dicuci. Seruas ibu jari bengle, seruas ibu jari kunyit, semua dikupas dan dimemarkan. Rebus dengan setengah gelas air sampai airnya tinggal setengah dari semula. Saring dan minum.
  2. Keputihan
    • Sesendok teh penuh jintan hitam dicuci dan dilumatkan, 2 -3 iris empu kunyit, 7 helai daun sirih yang tulang-tulang daunnya bertemu, dicuci dan direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 1x sehari sedikitnya selama sebulan.
  3. Keputihan pada gadis remaja
    • 2 sendok teh penuh jintan hitam, 3 tangkai pucuk beluntas, sedikit garam. Semua dicuci, dilumatkan. Beri segelas air. Saring den peras dengan kain. Diminum pagi-pagi sebelum sarapan. Setelah sembuh pun sebaiknya sekali-kali minum ramuan ini.

    Jintan_Hitam

Tinggalkan komentar

Filed under Kesehatan, Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s