Brotowali

Tanaman merambat ini batangnya berwarna hijau, penuh benjolan, dan mengandung banyak air. daunnya yang berwarna hijau muda berbentuk jantung, dengan lebar antara 6 – 12 cm. bunganya yang bermahkota 6 berwarna hijau muda, buahnya juga berwarna hijau.

Suku : Menispermaceaea

Kandungan dan manfaat : Zat pahit pikroretin merangsang kerja urat saraf sehingga alat pernapasan bekerja dengan baik dan menggiatkan pertukaran zat sehingga dapat menurunkan panas. Kandungan alkaloid berberina berguna untuk membunuh bakteri menambah nafsu makan dan menurunkan kadar gula.

Kegunaan :

  1. Luka, koreng, kudis
    • 30 cm batang brotowali berikut daunnya dicuci bersih lalu dipotong masing-masing 5 cm. rebus dengan 6 gelas air selama 1/2 jam. Setelah agak dingin, gunakan untuk membersihkan bagian yang luka. Sementara itu, 7 batang daun brotowali ditumbuk halus dan tempelkan pada luka lalu dibalut dengan perban. Balutan dan ramuan daun ini harus diganti setiap 2 hari sekali.
  2. Gatal-gatal
    • Rebus 20 g batang brotowali dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. diamkan sampai agak dingin, lalu pakai untuk merendam bagian yang gatal. Lakukan 2x sehari.
  3. Menambah nafsu makan
    • 3 helai daun brotowali, 30 g batang brotowali direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. diminum setiap hari 1 gelas.
  4. Malaria
    • 20 cm batang brotowali berikut daunnya direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, diminum dengan madu. ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
  5. Demam
    • Sama dengan resep no 4.
  6. Hepatitis
    • 20 cm batang brotowali berikut daunnya direbus dengan dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah. Menjelang masak, masukkan air perasan 3 jari temulawak yang sudah diparut. Saring. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
  7. Diabetas
    • 10 cm batang brotowli bersama akar pepaya direbus dengan 3 gelas air. setelah mendidih, saring dan diamkan sampai agak dingin. ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
  8. Rematik
    • 10 cm batang brotowali dicuci, dipotong-potong 3 cm. Rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Setelah dingin, diminum. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

2 Komentar

Filed under Cepu, Kesehatan, Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

2 responses to “Brotowali

  1. Wah content tanaman berkhasiatnya bagus tuh. Sesama warga asal Cepu, nyuwun sewu minta ijin share content-ipun. Matur sembah nuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s