Bawang Merah

Bawang merah sering pula disebut berambang. Umbi lapis berwarna keungu-unguan itu berbau tajam. Tanaman semusim yang tidak berbatang itu daunnya hijau panjang, bentuk tabung yang ujungnya lancip, baik umbi maupun daunnya sehari-hari dipakai untuk mengharumkan dan menyedapkan berbagai makanan. Namun bawang merah juga sering dipakai dalam berbagai ramuan obat tradisional. Orang inggris menyebutnya shallot.

Suku : Liliaceae
Kandungan dan manfaat : karena mengandung flavonglikosida, ia dianggap antiradang, pembunuh bakteri, sedangkan kandungan saponinnya mengencerkan dahak. Ia juga memiliki sejumlah zat lain yang berkahsiat menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan pengeluaran angina dari perut, melancarkan pengeluaran air seni, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol, dan kadar gula dalam darah, menurut penelitian terakhir, bawang merah juga bias mencegah kanker karena kandungan sulfurnya.

Kegunaan :

  1. Demam pada anak
    • Kupaslah 2 atau 3 bawang merah, cuci, dan parut. Ambil 2 sendok makan minyak goring, ½ sendok makan minyak kayu putih, seiris jeruk nipis diambil airnya atau air dari sedikit asam jawa, semua dicampur. Digosokkan keketiak, punggung, dan perut. Kalau panasnya tinggi, gosokkankekepala, ketiak dan semua lipatan badan, juga keperut, telapak kaki dan bagian-bagian badan yang terasa panas kalau dipegang.
  2. Perut Kembung
    • Ramuan yang sama dengan diatas, digosokkan ke perut dan sekitarnya, jika belum kentut, ulangi lagi kira-kira seperempat jam kemudian.
  3. Masuk angin
    • 5 bawang merah dikupas, dicuci, diparut : 1 sendok makan air larutan kapur sirih (kapur sirihnya cukup seujung kelingking), dicampur. Digosokkan ke perut, punggung, tengkuk dan kaki.
  4. Kerokan
    • 2 bawang merah dikupas, dicuci, diparut, lalu dicampur dengan 2 sendok makan minyak goring.
  5. Kerokan pada anak-anak
    • 1 bawang merah dikupas, dicuci, dipotong jadi 2, lalu digosok-gosokkan ke kulit anak, seperti kita sedang mengerok.
  6. Disentri
    • 3 bawang merah dikupas, ½ cangkir daun patikan cina, dan 5 cm pulasari. Semua dicuci, diiris, ditaruh di mangkuk lalu dikukus kira-kira 1 jam. Disaring dengan kain bersama cairan yang terkumpul di mangkuk. Takaran itu untuk dua kali minum. Ulangi sampai sembuh.
  7. Hipertensi
    • 3 bawang merah, dikupas, dicuci, ditelan utuh atau diiris kasar dulu baru dimakan.
  8. Diabetes
    • 3 bawang merah, 10 buncis, 10 salam dicuci, diiris, direbus dengan ½ gelas air. Saring dan airnya diminum 1x sehari. Periksakan gula darah 2 minggu kemudian.
  9. Kutu air/kakirangen
    • 3 bawang merah dikupas, dicuci, diparut. Campur dengan 1 sendok makan minyak kelapa, lalu didihkan. Hangat-hangat oleskan ke sela-sela jari yang gatal. Kaki hendaknya dicuci dulu dengan air hangat dan dikeringkan. Hindari tempat becek dan kaki basah.
  10. Bisul/luka
    • 1 bawang merah dikupas, dicuci, diparut, lalu ditempatkan ke bisul/luka.
  11. Payudara bengkak/mastitis
    • 5 bawang merah dikupas, dicuci dengan air hangat, diparut, ditempelkan ke payudara, tetapi jangan kena putingnya.
  12. Melancarkan air seni pada anak disertai demam
    • Gejala ini biasanya diikuti dengan stuip. Untuk mencegahnya tempelkan dan balut ramuan berikut ini di perut bagian bawah : 5 bawang merah dikupas, dicuci; secangkir peterseli dicuci, seujung kelingking tawas, semua dihaluskan.

1 Komentar

Filed under Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

One response to “Bawang Merah

  1. salam..
    saat ini saya menjual CD cara bertani bawang merah yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
    CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
    dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s