Alang – Alang

Tumbuhan liar ini menyukai tanah yang kering dan banyak mendapat sinar matahari. Tingginya antara 30 – 180 cm. batangnya padat, daunnya seperti rumput. Yang banyak dipakai sebagai obat adalah akarnya.

Suku : poaceae

Kandungan dan manfaat : menurunkan panas dan melancarkan air seni karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Selain itu, juga menghentikan pendarahan.

Kegunaan :

  1. Melancarkan air seni
    • 250 g akar alang-alang, sedikit gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit. Setelah dingin, disaring, diminum 3x sehari, masing-masing 1 gelas
  2. Kencing batu
    • 100 g akar alang-alang, 1/2gengan daun meniran , ½ gengan daun kumis kucing, 10 helai daun kecubung direbusdengan 5 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, disaring, diminum 3x sehari, masing-masing 1 gelas.
  3. Hipertensi akibat sakit ginjal
    • 200 gram akar alang-alang, sedikit tangkue (manisan dibuat dari labu putih) direbus dengan 2 gelas airhingga airnya tinggal setengah. Setelah dinggin, disaring. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
  4. Radang paru-paru
    • 500 g akar alang-alang, 5 helai daun sembung, 10 kuntum bunga melati kering, dan sedikit garam direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Lalu saring. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
  5. Asma
    • 100 g akar alang-alang, 25 g kencur, 25 g daun sirih direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal setengah. Saring, beri 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis. Diminum sekaligus saat akan tidur malam.
  6. Mimisan
    • 200 g akar alang-alang dicuci bersih lalu direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas. Setelah dingin, disaring, diminum. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
  7. Hepatitis
    • Ramuan no. 6 juga bias dipakai untuk hepatitis
  8. Prostat
    • 500 g akar alang-alang direbus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
  9. Diare
    • 250 g akar alang-alang dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Sekali minum 1 gelas, segera setelah buang air besar.
  10. Keputihan
    • 500 g akar alang-alang, 2 tangkai daun papaya, 5 g pulasari direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Tinggalkan komentar

Filed under Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s