PRODUK OLAHAN BEKU

Produk beku secara umum dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu Produk Mentah Beku dan Produk Olahan Beku. Yang dimaksud dengan Produk Olahan Beku adalah semua produk hasil pengolahan bahan mentah yang siap dipakai atau diproses lebih lanjut. Produk Olahan Beku membantu menyederhanakan proses kerja dalam mempersiapkan makanan jadi. Hemat waktu, tenaga dan biaya.

APA SAJA JENIS-JENIS PRODUK OLAHAN BEKU??

  1. Produk paruh jadi (partially processed products) adalah produk-produk mentah yang sudah dibersihkan dan dipotong, tetapi masih membutuhkan proses pemotongan dan pembumbuan lebih lanjut. contoh : dada ayam tanpa tulang, jeroan, buntut sapi, dll.
  2. Produk siap masak (ready to cook products) adalah produk mentah yang sudah dibersihkan dan dipotong sesuai porsi (portioned cuts), tetapi masih membutuhkan proses pembumbuan lebih lanjut. contoh : udang kupas, butterfly fillet iakn, cumi ring, buah dan sayur potong, dll.
  3. Produk siap dipanaskan (ready to heat products) adalah produk yang pengolahannya sangat sederhana karena sudah dibersihkan, dipotong, dan dibumbui. Membutuhkan waktu antara 1-10 menit sampai dihidangkan. contoh : dim sum, french fries, nugget, sosis, dll.
  4. Produk siap disajikan (ready to serve products). contoh : es krim, es batu.

APA KEUNTUNGANNYA MENGGUNAKAN PRODUK OLAHAN BEKU

  1. Menghemat tenaga kerja karena hanya perlu pengolahan sederhana.
  2. Menghemat waktu karena sudah dicuci, dipotong, dan dibumbui.
  3. Mengurangi resiko kegagalan dan menjaga konsistensi kualitas. Beberapa jenis makanan seperti rollade, dim sum, fillet steak membutuhkan keterampilan khusus yang amat bergantung pada keahlian tenaga kerja.
  4. Ketersediaan produk sepanjang tahun dengan harga yang stabil.
  5. Menghemat biaya operasional (peralatan, biaya gas/listrik, dll) karena produk sudah terolah.

BAGAIMANA MENYIMPAN PRODUK OLAHAN BEKU?

  1. Jika akan digunakan dalam waktu kurang dari 48 jam (2 hari), simpanlah produk dalam lemari pendingin biasa. Khusus untuk produk yang dikemas dengan sistem vacuum dapat disimpan sampai 6 hari.
  2. Untuk waktu penggunaan yang lebih lama sampai dengan 2 bulan, simpanlah produk dalam lemari pembeku pada suhu -18 derajat celcius. Untuk produk dalam kemasn, perhatiakn tanggal kadaluarsanya.

Tinggalkan komentar

Filed under Pengetahuan, Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s