Tanaman Obat Keluarga – ADAS

ADAS (Foeniculum vulgare Mill.)

Tanaman ini tingginya antara 0,5 – 3 m. Daunnya halus. Kita biasa memakai buahnya yang harum dan panjangnya kira-kira 0,5 cm untuk obat. Dalam pengobatan, adas sering kali dipadukan dengan kulit kayu pulasari (Alyxia reinwardtii Bl.).

Orang Inggris menyebut adas fennel dan orang Belanda venkel.

Adas sering pula disebut adas pedas, berbeda dengan adas untuk bumbu masakan. Adas untuk bumbu masakan biasanya disebut “jintan manis” atau “adas manis”, walaupun orang Minang menyebut adas pedas sebagai adeh manih.

Adas manis atau jintan manis (Pimpinella anisum L. dari suku Apiaceae juga) oleh orang Inggris disebut anise dan oleh orang Belanda anijs. Tanamannya paling-paling hanya 0,5 m, berdaun halus juga. Kadang jintan manis dipakai pula untuk obat, tetapi resep yang tertera dibawah ini memakai adas pedas.

Masih ada adas lain, yaitu adas sowa yang kadang-kadang disebut pula adas obat atau ender (Anethum graveolens L. dari suku Apiaceae juga). Dalam bahasa Inggris adas sowa disebut dill dan dalam bahasa Belanda dille.

Yang kita pakai dalam resep-resep dibawah ini adalah adas yang diceritakan pertama (fennel, venkel)

Suku : Apiaceae

Kandungan & manfaat : Ia mengandung minyak atsiri seperti limonina yang mengharumkan, sedangkan kandungan flavonoida-nya berkhasiat menyembuhkan radang. Minyak atsiri juga bisa membunuh mikroba. Kandungan adas hitam juga membantu mengeluarkan angin, dan mendorong pengeluaran air seni.

Kegunaan :

  1. Batuk pada anak-anak :
    • 1 sendok teh penuh adas, sepotong kulit kayu pulasari berukuran 4 cm dan 1 bawang merah dikupas. Semua dicuci, dilumatkan. Beri 1 gelas air dan sepotong gula batu, masak sampai airnya tinggal setengah gelas. Separuh diminumkan sebelum sarapan dan separuhnya lagi sebelum tidur. Ulangi beberapa hari.
  2. Sakit perut pada anak, diare 3 – 4 kali sehari, mual, kembung :

    • 3 sendok teh adas, 5 pucuk daun jambu klutuk, 10 cm pulasari. Semua dicuci dan dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Saring. Airnya separuh diminumkan pagi dan separuh lagi malam.
  3. Ambeien :

    • 3 sendok teh penuh adas, 1 bawang merah dikupas, 1 cangkir daun patikan cina, 1/2 cangkir daun meniran, 1 sendok teh penuh jintan putih (Cuminum cyminum L.). Semua dicuci, direbus dengan 1 liter air sampai air tinggal setengahnya. Supaya rasanya lebih enak diberi gula batu. Saring dan minum 4 – 5 kali sehari. Ulangi selama beberapa hari.
  4. Ambeien yang terus-menerus berdarah :
    • 2 sendok teh penuh adas, 4 cm kulit batang pulasari dicuci, dimemarkan dan direbus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Beri gula aren semanisnya. Saring. Satu pisang batu / klutuk yang masih muda, dicuci bersih lalu diparut bersamakulitnya. Airnya diperas dan dicampurkan dengan air rebusan adas pulasari. Minum sekali sehari. Keesokan harinya diulangi sekali lagi.
  5. Bau mulut karena sariawan atau sakit tenggorokan :
    • 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, dicuci, dilumatkan. Beri sedikit garam. Seduh dengan secangkir air. Setelah dingin diperas dengan kain. Untuk 3 kali pakai sehari. Jangan langsung ditelan, tetapi biarkan beberapa saat di mulut, lalu sedikit demi sedikit ditelan. Ulangi selama beberapa hari.
  6. Biduran :
    • 2 sendok teh penuh adas, kunyit ukuran 7 cm dikupas, 2 bawang merah dikupas. Semua dicuci, dilumatkan, diseduh dengan 1 1/2 gelas air, dibiarkan sebentar lalu disaring dengan kain. Untuk diminum 3x sehari setengah gelas. Ulangi beberapa hari.
  7. Demam :
    • 2 sendok teh penuh adas, 4 cm kulit batang pulasari dicuci, dimemarkan, direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Saring. Labu air dicuci, dikupas dan diparut. Diperas dengan kain sehingga airnya menjadi hampir 1 gelas. Campurkan dengan air rebusan adas pulasari dan 2 sendok makan madu. Diminum sekaligus.
  8. Mencegah stuip pada anak :
    • Kalau anak demam dan sulit kencing, untuk menurunkan panasnya bisa diberikan : 4 sendok teh adas, 6 cm kulit batang pulasari, 7 butir biji anyang-anyang. (Anyang-anyang atau Elaeocarpus grandiflorus J. Sm. biasa juga disebut rejasa). Semua dicuci bersih, direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Saring. Sehari diminum 1 gelas.

1 Komentar

Filed under Pengetahuan, Tanaman Obat, Tips

One response to “Tanaman Obat Keluarga – ADAS

  1. angelinavira

    i like it !!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s