GAPOKTAN Kecamatan Cepu

Cepu merupakan kota yang memiliki lahan yang cukup besar untuk diolah menjadi lahan pertanian lahan ini dimanfaatkan oleh para petani untuk menanam tanaman yang bermanfaat, yaitu : Waluh (labu kuning), pisang, kacang, ubi dan lain sebagainya. Hasil lahan pertanian tersebut kemudian dijadikan sebagai bahan pokok produk makanan ungulan Cepu. Hal ini dilakukan agar bahan yang semula hanya dipandang sebelah mata memiliki nilai jual yang tinggi.

Untuk mewujudkan hal tersebut diatas, pada tanggal 12 Agustus 2009, Gabungan Kelompok Wanita Tani (Gapoktan) se-Kecamatan Cepu mengadakan pertemuan dengan pihak-pihak terkait seperti Kecamatan Cepu  (diwakili Bapak Hermanto) dan UPTD Pertanian Cepu (Bapak Rodhi).  Mereka sangat mendukung program Gapoktan Kecamatan Cepu ini, dan berharap masyarakat bisa meningkatkan perekonomian keluarga dan membuka lapangan pekerjaan bagi Masyarakat Cepu.

Wakil dari Kecamatan dan UPTD Pertanian Cepu

Wakil dari Kecamatan dan UPTD Pertanian Cepu

Gapoktan sendiri anggotanya terdiri atas 12 Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kecamatan Cepu. KWT merupakan binaan dari Dinas Pertanian melalui Program Komite Investasi Desa (KID).

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan pengurus KWT masing-masing Kelurahan tersebut, dibentuk kepengurusan definitif dari Organisasi ini, yaitu :

  • Ketua 1
    • Ibu Sukilah (KWT-Ngroto)
  • Ketua 2
    • Ibu Purwanti (KWT-Karangboyo)
  • Sekretaris 1
    • Ibu Titik/Syaiful (KWT-Cepu)
  • Sekretaris 2
    • Ibu Kumaidah (KWT-Ngroto)
  • Bendahara
    • Ibu Eni (KWT-Balun)
  • Bagian pemasaran
    • Ibu Murtiarti (KWT-Balun)
  • Penangung Jawab Persediaan Produk
    • Ibu Nur Ponco/Murtiarti (KWT-Ngelo) dan Ibu Asa’udah (KWT-Gadon)
Antusiasme itu penting

Antusiasme itu penting

Mereka sangat antusias memajukan produk pertanian yang sudah diolah menjadi makanan menjadi ciri khas kota cepu. Mereka berharap bisa memasarkan produk tersebut hingga keluar negeri. Untuk mendukung hal tersebut, akan segera di realisasikan showroom produk unggulan cepu dengan nama “CIPTO ROSO” yang artinya berbagai macam rasa/menciptakan berbagai macam rasa. Untuk rencana lokasinya  sementara masih menunggu pembicaraan lebih lanjut dengan Bapak Camat. Beliau sudah memberikan lampu hijau untuk menggunakan salah satu ruangan yang tidak dipergunakan di rumah dinas beliau yang berada di Jl. Pemuda, Cepu.

3

3

Cepu Telecenter juga turut mendukung program ini, dengan jalan menyediakan akses informasi yang seluas-luasnya, serta memberikan kesempatan untuk setiap produk unggulan dan asli Cepu untuk dimuat kedalam Situs Cepu Telecenter (www.ceputelecenter.co.cc) secara Gratis. Cepu Telecenter juga memberikan pelayanan pembuatan desain kemasan dan logo bagi produk baru yang membutuhkan.

Dalam pertemuan pembentukan kepengurusan KWT Kecamatan Cepu ini, ada beberapa produk cepu yang sudah dipasarkan hingga ke luar negeri, antara lain egg roll waluh (labu kuning) dari ngroto, rempeyek dari karangboyo, dan sirup waluh dari Balun. Hal ini memicu semangat dari kelurahan lainnya agar mereka bisa seperti kelurahan yang telah memasarkan produk hingga keluar negeri. Sebelum menutup acara, Ibu Sukilah selaku Ketua 1 memberikan sedikit anjuran, “Saya berharap kepada seluruh KWT Kecamatan Cepu agar tidak megurangi/menambah takaran atau mengganti bahan adonan produk, agar produk tersebut bisa tetap terjaga kualitasnya”

PPL Pertanian

PPL Pertanian

Pertemuan rutin akan diadakan setiap tanggal 10, pukul 10.00 Wib. Dalam pertemuan selanjutnya mereka juga diharapkan untuk membawa produk yang akan dipasarkan, agar bisa dicicipi olah para anggota lainnya, sehingga mereka bisa saling memberikan masukan dan support.

Maju terus UKM Indonesia dan khususnya Cepu…..!!!!

Tinggalkan komentar

Filed under Agenda Masyarakat, Berita, Cepu, UMKM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s