Peringatan Hari Koperasi ke 62

Tanggal 12 Juli bagi para insan koperasi merupakan hari yang sakral, karena pada hari ini diperingati HARI KOPERASI NASIONAL. Menurut sejarah pergerakan koperasi telah mencatat bahwa tanggal 12 Juli ditetapkan sebagai Hari Koperasi melalui Kongres I di Tasikmalaya 62 tahun yang lalu. Gerakan koperasi tersebut didirikan dalam masa perjuangan melawan upaya pihak kolonial yang ingin kembali menguasai Negara Republik Indonesia.

Pada tahun ini, puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional yang ke-62 akan dipusatkan di Samarinda, Kalimantan Timur pada 15 Juli mendatang, dan akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Akan hadir pula lebih dari 10.000 anggota gerakan koperasi dari seluruh Indonesia. Pemerintah menunjuk Dekopin sebagai panitia penyelenggara Harkop ke-62 bersama dengan Pemprov Kaltim, sekaligus Gerakan Koperasi. Kaltim ditunjuk sebagai tuan rumah lantaran dinilai merupakan provinsi yang menaruh perhatian besar terhadap koperasi.

Menurut Asisten Deputi Urusan Tata Laksana Koperasi dan UKM Bidang Kelembagaan Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Nur Ediningsih, dalam usianya yang ke-62 tahun ini, banyak koperasi yang belum berperingkat baik dan disiplin, khususnya dalam melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT). “Hanya 40 persen dari koperasi kita yang aktif saat ini,” katanya.

Pada akhir 2008, tercatat sebanyak 155.000 koperasi ada di Indonesia, dengan demikian hanya 62.000 koperasi yang aktif.

Pameran UMKM

Di lingkup Provinsi Jawa Tengah, peringatan Hari Koperasi dimeriahkan dengan diadakannya Pameran Produk UMKM se-Jawa Tengah. Pameran ini dilaksanakan pada tanggal 14 – 17 Juli 2009, di Gedung Wanita, Jl. Sriwijaya – Semarang.

Peserta pameran merupakan utusan dari Dinas Koperasi tiap Kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Tak ketinggalan juga Kabupaten Blora, yang pada kesempatan ini mengikutsertakan produk dari beberapa Kecamatan. Mulai dari Sate Ayam Blora, Lontong Tahu, Eggroll Waluh, sampai kerajinan.

Eggroll Waluh adalah Produk Unggulan dari Kelurahan Ngroto – Kecamatan Cepu. Produk ini dikembangkan oleh Kelompok Wanita Tani “Budi Rahayu” – KID PFI3P Kelurahan Ngroto.

Kelompok Wanita Tani “Budi Rahayu”

KWT Budi Rahayu didirikan pada tahun 2008, di bawah binaan KID – PFI3P Kelurahan Ngroto pimpinan Bapak Musiran. KWT Budi Rahayu sendiri dipimpin oleh Ibu Sukilah dengan jumlah anggota kurang lebih 23 orang. Produk unggulannya adalah Eggroll Waluh. Rumah Produksinya terletak di rumah salah satu anggota, dan telah memiliki banyak langganan.

Waluh atau labu kuning, dijadikan alternatif bahan baku pangan yang dianjurkan dan dikembangkan di Kecamatan Cepu. Sesuai dengan instruksi bapak Camat Cepu.

Banyak yang belum familiar dengan eggrooll. Panganan ini terbentuk dari lembaran adonan yang panggang dan kemudian digulung sehingga berbentuk seperti kue semprong. Banyak yang salah kira bahwa eggroll ini sama dengan Ledre (makanan khas Cepu & Bojonegoro). Kalaupun dicari padanannya, camilan yang rasanya lembut dan manis ini sama dengan produk salah satu perusahaan biskuit terkenal yang bernama SERENA.

Produk

Eggroll Waluh

Eggroll Waluh

Kemasan : p.11 cm x l.18cm x t.7cm

Berat Bersih : 250 gram

Harga : Rp. 15.000,-

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk, hubungi :

CEPU TELECENTER

Jl. Olahraga No. 4, Kampung Baru – Cepu

Telp./ Fax 0296 423 409

admin@ceputelecenter.co.cc atau telecenter.wanitamandiricepu@yahoo.co.id


2 Komentar

Filed under Berita, UMKM

2 responses to “Peringatan Hari Koperasi ke 62

  1. Nah ini baru mantap. ga usah capek2, kudu rolling ke bawah cari next artikel

    Maju terus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s