Belum Terdaftar dalam DPT Pemilu Presiden 2009? Ada Jalan Keluar

Kesimpangsiuran Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2009 ini, sedikit banyak mempengaruhi pikiran sebagian besar masyarakat. Bagi yang sudah terdaftar mungkin tidak begitu merisaukan, tetapi bagi yang belum?

Tampaknya masalah tersebut sekarang sudah bisa teratasi dengan dikeluarkannya Keputusan Mahkamah Konstitusi. Dalam Amar Putusan itu disebutkan bahwa yang belum terdaftar dalam DPT bisa tetap ikut mencontreng pilihannya dengan menggunakan KTP dan Paspor (yang masih berlaku). Ya … benar, KTP alias Kartu Tanda Penduduk.

Tetapi, MK mensyaratkan penggunaannya harus di TPS tempat mereka bermukim. Syarat lain yang harus dilengkapi adalah Kartu Keluarga (KK). Selain itu pengguna KTP dan Paspor tidak diperkenankan mengikuti jam pencontrengan seperti pemilih lainnya yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Dalam Putusan MK, pengguna KTP memilih satu jam sebelum pemungutan suara ditutup, yakni pukul 13.00 WIB”, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum, Abdul Hafidz Anshary.

Keputusan MK ini tentunya disambut gembira oleh semua pihak, karena dinilai merupakan jalan tengah atas masalah kekisruhan DPT. Semoga Pemilihan Presiden ini bisa diikuti oleh lebih banyak pemilih dari pada Pemilihan Legislatif lalu, dan mengurangi jumlah golput. (dari berbagai sumber/ad)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s