Sekilas Cepu


Cepu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini terletak di perbatasan dengan provinsi Jawa Timur, dan dilewati jalan yang menghubungkan Surabaya – Purwodadi – Semarang.

Dari data tahun 1992 tentang struktur geografis Cepu, Cepu merupakan kecamatan dari kabupaten daerah tingkat II Blora yang terletak diujung paling timur dari propinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah 49.15 km2 terdiri dari 6 kelurahan dan 11 desa, dan penduduk Cepu menurut data  pada bulan April tahun 1992, penduduk Cepu berjumlah 70.000 jiwa dan mungkin pada tahun 2009 perkembangannya jauh lebih pesat. Hal ini ditunjukkan oleh struktur tatanan kota dan perekonomiannya.

Penduduk Cepu sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani sedangkan sisanya sebagai wiraswasta, Pegawai Negeri, karyawan BUMN, dan peserta Pusdiklat Migas yang datang dari Sabang sampai Merauke.

Kegiatan perekonomian Cepu lebih maju dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lainnya di wilayah daerah tingkat II Blora, dan untuk menunjang perekonomian di Cepu telah beroperasi beberapa bank yaitu : BRI, DANAMON, BNI, BANK MANDIRI, BPD dan lain-lain.

Kegiatan perekonomian Cepu juga tidak lepas dari pengaruh instansi atau perusahaan Minyak dan Gas Bumi yang merupakan ciri dari kota Cepu sebagai kota minyak.Contoh instansi dan perusahaan tersebut adalah PUSDIKLAT MIGAS, PERTAMINA UEP III Lap Cepu, PERTAMINA UPPDN IV Depot Cepu, Mobile Cepu Limited, TELKOM, PERHUTANI, dan masih banyak lagi termasuk industri kecil lainnya seperti kerajinan kayu jati dan lain-lain, karena sebelum adanya instansi atau perusahaan minyak dan gas bumi pengusaha kayu jati lebih dahulu berkembang di daerah Cepu.

Sejarah Cepu

Mengapa bernama Cepu? Cerita rakyat yang melegenda, mengisahkan asal usul nama Cepu bermula dari peristiwa peperangan dua orang adipati, yaitu Adipati Tedjo Bendoro (Tuban) dan Adipati Djati Koesoema (Bojonegoro) Jawa Timur.

Alkisah Adipati asal Bojonegoro Djati Koesoema kalah perang. Sudah menjadi adat terikat tempo dulu, yang kalah harus menyerahkan semua kekanyaannya, putra-putrinya dan membayar ganti rugi. Termasuk putri Adipati Djati Koesoema, Retno Sari, putri cantik ini diserahkan kepada Adipati Tedjo Bendoro. Sayang, Retno Sari keberatan, dia melanggar janji dan kesapakatan adat, wanita ini melarikan diri.

Dari kisah pelarian putri rupawan ini, lahir nama-nama punden, dukuh, desa dan lokasi seperti Tuk Buntung dan lainnya. Larinya gadis cantik ini membuat Adipati Tedjo Bendoro murka, dia terpaksa melepas senjata mirip panah kearah sang putri, senjata itu persis mengenai bagian paha (Jawa, pupu).

Pusaka kecil mirip panah yang dilepas Adipati Tedjo Bendoro, saat itu dikenal dengan nama Cempulungi. dan dari senjata ampuh tadi, lantas (mungkin) lahir nama Cepu.

Versi lainnya adalah, karena senjata tersebut mengenai / menancap (jawa, nancep) di paha (jawa, pupu) sang Putri, maka sejak itu disebut sebagai CEPU.

Banyak catatan sejarah yang menuliskan nama Cepu didalamnya. Babad Tanah Jawa juga menuliskan tentang Cepu. semua ini tak lepas dari sepak terjang Arya Jipang / Arya Penangsang. Cerita atau babad pelarian Raja Majapahit, Prabu Brawijaya, juga menyebutkan tentang Cepu. Tapi untuk kebenarannya masih diperlukan kajian lebih dalam lagi, karena masih ada beberapa kesimpangsiuran di dalamnya.

Sejarah perminyakan Indonesia bahkan dunia juga mencatatkan nama Cepu di dalamnya. Hal ini merupakan suatu kebanggan tersendiri buat masyarakat Cepu.

Pada zaman penjajahan, Cepu merupakan salah satu kota penting, karena kandungan minyak dan hutan jatinya. Di Cepu dapat dijumpai beberapa bangunan peninggalan Belanda yang masih awet hingga masa kini. Salah satu bangunan yang unik adalah, loji klunthung. Peninggalan lain yaitu Gedung Pertemuan SOS Sasono Suko dan Kuburan Belanda (Kuburan Londo) yang terletak di desa Wonorejo Kelurahan Cepu.

Stasiun Tjepu

Untuk mendukung transportasi masa itu, dibangun pula jalur kereta api yang menghubungkan Jawa Timur – Jawa tengah via Cepu. Di Ngloram, juga bisa ditemui bekas landasan pesawat terbang peninggalan Belanda.

Di era Pergerakan Nasional, Cepu menjadi tempat pelarian eks. PKI madiun yang kemudian berhasil ditumpas oleh Divisi Ronggolawe yang dipimpin oleh GPH Dipokusumo. Nama Ronggolawe dan Dipokusumo saat ini menjadi ikon kota Cepu. Nama Ronggolawe diabadikan sebagai nama:

  • Lapangan terbesar di Cepu: Lapangan Ronggolawe.
  • Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR).
  • Monumen Ronggolawe yang berupa patung kuda.

Monumen Ronggolawe

Sedangkan GPH Dipokusumo diabadikan sebagai monumen yang letaknya di dekat gedung SOS Sasono Suko dekat Kantor Pos.

Pemerintahan

Luas wilayah Cepu adalah 4897,425 km², terbagi menjadi 17 kelurahan / desa dan berpenduduk 74.526 jiwa. Saat ini kota yang berketinggian 28 meter diatas permukaan laut ini dipimpin oleh seorang Camat yaitu Bapak Purwadi Setiono, SE.

Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Cepu tersebut adalah :

  1. Balun
  2. Cabeyan
  3. Cepu
  4. Gadon
  5. Getas
  6. Jipang
  7. Kapuan
  8. Karangboyo
  9. Kentong
  10. Mernung
  11. Mulyorejo
  12. Ngelo
  13. Nglanjuk
  14. Ngloram
  15. Ngroto
  16. Sumberpitu
  17. Tambakromo
Kebudayaan dan Kesenian

Penduduk Cepu sangat beragam, hal ini tak lepas dari adanya Industri Minyak yang telah berdiri puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu di Cepu. Namun demikian kesenian daerah masih banyak yang dilestarikan.
Tayub
Tayub merupakan sebuah seni pertunjukan rakyat yang cukup populer di Kabupaten Blora umumnya dan Cepu pada khususnya. Kesenian rakyat ini hampir menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Blora. Agar kesenian rakyat ini tetap eksis dan tidak berkonotasi ” negatif ” di masyarakat, maka pemerintah Kabupaten Blora perlu membuat aturan atau lebih tepatnya tata tertib yang harus ditaati oleh para penari tayub. Di sisi lain, agar kesenian ini tetap hidup di tengah masyarakat, maka Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas terkait berupaya mengadakan even tahunan di tempat-tempat wisata atau hiburan. Keberadaan tayub sebagai kesenian rakyat merupakan salah satu peluang yang cukup potensial sebagai daya dukung bagi obyek wisata tertentu yang ada di Kabupaten Blora.
Barongan
Merupakan salah satu kesenian rakyat yang sangat populer di kalangan masyarakat Blora dan Cepu. Alur cerita nya bersumber dari hikayat panji. Dalam kesenian ini tercermin sifat-sifat kerakyatan seperti spontanitas, sederhana, keras, kompak yang dilandasi kebenaran. Kesenian barongan berbentuk tarian kelompok yang terdiri dari tokoh Singo Barong, Bujangganong, Joko Lodro/Gendruwon. Jaranan/Pasukan Berkuda, serta prajurit.
Dialek
Cepu mempunyai dialek khas yang tidak dimiliki daerah lain. Ada beberapa kata dan imbuhan yang menjadi ciri khasnya.
  • leh; dalam bahasa indonesia berarti toh, contoh : piye leh iki? artinya bagaimana toh ini?
  • -em; imbuhan yang dalam bahasa indonesia berarti -mu, contoh : omahem = omahmu = rumahmu
  • sutoh, mboyak; dalam bahasa indonesia berarti masa bodoh
  • -ok, -oh; imbuhan yang menggantikan huruf -u (khusus angka), contoh : sicok = siji = satu, sepuloh = sepuluh
Proyek Pembuatan Tanggul Bengawan Solo

Proyek Pembuatan Tanggul Bengawan Solo

…. bersambung …

62 responses to “Sekilas Cepu

  1. Cepu memang is the best

  2. Cepu kota kecil dibagian wilayah ujung timur Provinsi Jawa Tengah yang sangat melegenda, Cepu melimpah ruah sumber minyak dan gas bumi, tak ayal Cepu dikenal dengan sebutan ” Kota Minyak “. Sudahkah masyarakat Cepu dilibatkan dan ikut menikmatinya secara proporsional ? ataukah hanya kecipratan saja ? Atau bahkan masyarakat Cepu kelak akan tergusur dan tercerabut dari tanah kelahirannya sendiri. Saatnya masyarakat Cepu menata diri. ( Abu Zahlan Husain, asli bocah Wadu Kedungtuban sejak 1990 hijrah ke kota santri Jombang Jawa Timur ) Salam hangat untuk saudara-saudara di Cepu.

  3. kulo kagenn cepu. sampun dangu kulo merantau teng bekasi..
    cepu sak niki dados pripun…..

  4. adi prabowo

    mugo2 masyarakat cepu makin makmur, maju, & kotanya makin tertib, bersih, indah & hijau.

  5. Aku yong wong cepu, tapi aku wis merantau nang jakarta ket tahun 1996, aku alumni SMK MIGAS CEPU THN 1995, jurusan MO- 1, aku merantau diajak karo bos soko cepu, sing duwe pabrik kompor gas QUANTUM PT.ADITEC CAKRAWIYASA. Kira-2 9 tahun aku terus metu aku lamar honorer negeri nang DEPDAGRI kiro-2 limang tahun terus metu usaha dewe bidang jasa IT dan dakwah streaming, aku pingin ciptakan lapangan kerjo nang cepu tp iki lagi cita-2 pingin bangun TV LOkal karo Jasa internet sistim RT RW NET kerjasama karo PT.MAXINDO

  6. Ton Gatho Ngrejeng

    Gini lho boss, sbaiknya usul ke pusat kalo jalur antara cepu-randublatung-purwodadi menjadi jalan nasional. Saya yakin jika suatu daerah memiliki jalan kelas nasional pasti akan maju karena sbg urat nadi ekonomi, akan banyak muncul potensi2 ekonomi di skitar jalur tsb. Perlu diketahui surabaya-semarang selama ini identik dgn pantura, pdhal kalo lewat cepu-purwodadi jauh lebih lebih pendek jarak tempuhnya, tapi sayang karena kalah infrastruktur mereka lebih memilih tdk melewati blora(mengenaskan.com). Berkacalah pada kabupaten bojonegoro, daerah tsb baik melalui masyarakatnya, Bupati, DPRD, Perwakilan DPD, DPRRI, kementrian PU dll, utk bahu-membahu dan tak kenal lelah utk mengGOLkan usulan jalan nasional dan prjalanan panjang itupun terkabul sehingga utk memiliki jalan nasional tdk lagi menjadi sebuah impian. Apa keuntungan dr jalan nasional, woww banyak skali, jalur menjadi ramai, jalan berpondasi kuat dan lebar, kiri kanan bermunculan brbagai macam usaha dan coba bandingkan kalo malam hari, dari bojonegoro terang benderang tetapi memasuki blora keadaan jadi gelap. Pokoknya banyak sekali deh kelebihan dr jalan nasional, namun bukan berarti tdk ada dampak negatifnya yakni macet atau polusi. Saudara2, bojonegoro memiliki status jalan nasional sejak 2009, yakni mulai babat-bojonegoro hingga padangan. Namun sayang seribu kali sayang, jalur tsb hanya sampai padangan tetapi tidak lurus kearah cepu-blora atau purwodadi melainkan memilih kearah selatan yaitu ke ngawi, nggak tau kenapa. Pdhal bulan ini desember 2012 sedang getol2nya pembangunan jalur tsb, yaitu betonisasi dan pelebaran menjadi 12 meter, sangat menakjubkan bukan?!? Ayo BLORA, jgn berpangku tangan, lobbi ke pusat dan jgn mudah menyerah. Bupati njenengan gampang menyerah, ketika mengusulkan blora utk memiliki jalan nasional satu kali aja ditolak langsung KO dan putus asa (baca artikel “Gara2 jalan rusak, Blora di tinggal investor”). Blora pasti Bisa………!!! Salam kami dari Bojonegoro yg peduli dgn saudara mudanya Blora.

    • yang lebuh bagus mestinya di bangun jalan Tol cepu semarang, ini dampaknya akan lebih nyata, sebagai jarlur ekonomi yg sangat poten sial sebagai jalur transportasi hasil bumi, hasil tambang, jalur perdagangan dan jalu wisata Wisata Alam dan sejarah Kota cepu ( karna banyak peninggalan sejarah kota cepu yang dilupakan),…. supaya pesan ini di dengan putra2 daerah yg menjadi wakil rayat Cepu ( Anggota DPRD dan DPR pusat )

    • Betul itu kak.
      Stuju….

  7. Norio ashter 1922

    cah Sitimulyo Hadir,.,

  8. Cah cepu asli

    Salam untuk cepu.
    Cepu emang kota kecil yang hebat.
    Semua ada di cepu.
    Hemat saya cepu adalah metropolitan mini.
    Tapi .maaf pak camat.
    Tempat hiburan di cepu cukup banyak.
    Taman seribu lampu tolong ,para penjual kopi di bina.
    Karna taman cepu tidak tempat hiburan orang dewasa.
    Ingat generasi cepu pak.
    Busana mini jangan di pinggir jalan.
    Tempat hiburan dewasa di bawah pohon jati sudah asik ,enjoy dan penuh a….hm
    Wong cepu sing prihatin

  9. RAK PNTNG,SENG PENYENG KERJ

    kasian genenerasi anak muda cepu……petinggi” g ad yg mw ngert mslh angka pengangguran?rata” lw ad lowongan diam eeeeeeeehhhhhhhhh kebanyakan ad yg bw??????????sx” adakan event organizer pak” tentang lowongan kerj CEPU

  10. fina

    nyari kerja di cepu susah banget yha…hehehe

  11. G ad salahnya jika membuat LSM yaitu Front Cepu Rembug, untuk memfasilitasi masyrkat cepu kewadah demokrasi. yang ada hanya politik hanya alat untuk mencapai kekuasaan golongan dan perut tertentu.

  12. vhie.vhie

    aku lulus sman cepu thn 86 kpn kumpul kumpul maneh

  13. sutanto

    pak lapangan ronggolawe di perbaiki tolong banget bpk camat maupun bupati okeee

  14. yanto

    bagaimana kabar alumni smp katholik tahun angkatan th80/ 81 kirim kabar ya ke email elempatdua@ymail.com

  15. Wit asem londo jek enek po ra yo? Jaman cilik ndhisik biasane sangu pring kanggo nggothek asem londo nang daerah terminal. Karo nggolek adah rokok dienggo dolanan sorok, hehe

  16. kita sbgai,anak cepu mmng ikut prihatin atas infrastrkr&pereknmn cepu,bnyk putra daerah merantau sprti sy ke ibu kota di krnkan lpngan pekerjaan gak ada,sy cm bs brharap putra daerah yg pny skill dibidangnya msng” membuka lpngan pekerjaan jngn mencr pekerjaan utk membntu saudara” kt generasi penerus cepu yg mandiri dlm berkarya utk kemajuan tanah leluhur kt. GO FREEDOM CAN BE YOURS(EKO DR WONOREJO)

    • Tomy

      Halah mbak…mbak lahpo gawe lpangan pkerjaan nangcepu, lha w0ng poro petingi” cepu ora tau mikir tekan kono og, delok eh mbak perut te petinggine gdene kyo weteng kebo mboh opo iku pangan

  17. kayu jati entek….
    Beras raskin gak tepat sasaran…..
    Dadi wong cilik diapak2ke tetep manut…..
    Trus opo maneh yo sing arep didandani…..?????
    Ayo dulur podo melu usul kanggo kemajuan daerah blora khusus cepu…….

  18. Irwan Lukmono

    Sing tak ngerteni, saben ngarepe Toko Material/Toko Besi, mesti dalan ning ngarepe padha rusak nemen, opo dupeh toko-toko mau bayar pajake gedhe? opo nek mbayar pajak gedhe trus di enggo ajur-ajuran? piye pak petinggi !!! ojo wanine karo wong cilik sing golek pangan ning trotar trus diurak-urak tok !!!! njajal wani nindak toko besi mau opo ora?

  19. kangen ngopi ning mbah seger, sebelahe sma 1 cepu

  20. mariska

    kangen ngopi ning mbah seger,sebelahe SMA 1 cepu

  21. Arif "JAYAK" Wijaya

    Ketika pagi datang…udara pagi menyambut langkah untuk menatap hari baru.
    Ketika sore datang…matahari selalu berucap untuk kehidupan lama dan untuk kehidupan esok.

    Keindahan Cepu semoga selalu terjaga dan keindahan akan kota dan Desa “Kapuan”ku akan selalu terkenang dalam kehidupanku.
    “Cangkul” akan selalu kita gunakan untuk menggali dan menggali pengalaman baru.
    “Gembala Sapi” akan selalu kita jadikan perjalanan kita untuk hari esok.
    “Gethuk” akan selalu menjadi sumber inspirasi kita untuk perbaikan hari ke depan.
    “Kopi Kothok” akan selalu menjadi penghangat kita dan menemani kita sepanjang waktu dan sepanjang hidup kita.

  22. Agger

    Aku cah asli cepu,soko deso tambak romo. .
    Sawah-sawah gok desoku suwe-suwe ape entek,goro-gorone pembangunan omah-omah anyar.lha piye sok nak sawahe entek?lak pak tani gak ndue garapan,kerjoan maneh.karo wadok tambak romo di apiki maneh,ben g ono demet-demet seng manggoni.
    Kek.i solusine tho?

  23. Si Gober

    Urun rembug bab laire kutha Cepu..

    Wektu aku nyinaoni kitab warisan leluhur, nguri-uri budaya Jawa, aku tertarik Kitab Pararaton. Ing kono ana crita sing pepak ngenani krajan ing tanah Jawa, utamane kawit jamane Ken Arok ing tatar Tumapel, kanti raja Tunggul Ametung, nganti tumekane jaman Majapait ing tanah Terik, kanthi raja Raden Wijaya.

    Ing salah sijine bait jroning Kitab mau, ana kasebut crita mangkene (iki jarwan bebas saka aku, menawa ana klera-klerune ya nyuwun gunging pangapura, lan muga-muga ana sing mbenerake):

    ” Wektu Raden Wijaya sak wadyabalane nglurug menyang krajan Daha, ana abdine sing aran Sora lan Gajah Pagon. Rikala semana Raden Wijaya arep numpes Daha, nanging dipenging dening abdine Sora. Wengine ganti pasukan saka Daha sing nyerang Raden Wijaya. Raden Wijaya sak wadyabalane mundur ngalor (nuju pesisir laut Jawa).”.

    Nah, ing kene ana episode rikala gajah Pegon kena tombak nembus pupune (nanCEP ing puPU). Malah ing kene Raden Wijaya paring dawuh: “Gajah Pegon, yen sliramu isih kuat mlaku, ayo da mlaku, nanging yen ora kuwat ayo pada-pada mapag mungsuh saka Daha”. Gajah Pegon njawab: ” Kula taksih saget, Paduka, ananging kula mboten saget gancang lampahipun”.

    Kanggo mengeti prastawa iki, tlatah Gajah Pegon kena tumbak ini kawastanan jeneng CEPU, dene papan tujuane Raden Wijaya, sing arahe pengin nuju krajan Sungenep (Sumenep?), ing Medura methuki raja Wiraraja sing kepetung batihe. Ing tembe mburine pesisir kasebut tlatah TUBAN, kang dening sawetara penulis dipengeti merga ing tlatah kono meTU BANyune (mbuh ya, wallahu a’lam).

    Mulane babat utawa riwayate kutha Cepu ini ana gandeng rentenge karo babat tanah Tuban.

    Iki ngono isih mung pangiraku wae, ngelingi jarene jeneng Cepu iku dijupuk saka wanda ukara ‘nanCEP ing puPU’ mau.. Ing pupuh kitab mau aku durung nemu tahun kedadeyane. Yen diduga meh bareng karo prastawa Malayu, rikala Raden Wijaya numpes wong Tatar, tarikh-e duwe chandra sengkala ‘Pandhita Sanga Atur Samadhi’ utawa tahun 1197 Saka. Dadine taun laire kutha Cepu ya mesthine tahun iku, utawa 1196 Saka (kanthi kira-kira ana let setahun sakdurunge prastawa Malayu). Mbok menawa ana ahli sejarah sing mumpuni, isa paring kawruh, saengga babat tanah Cepu isa kababar kanthi jelas.

    Nuwun.

  24. paijo

    cepu jare gudang kayu karo sumber minyaklan ekonomi maju knopo rakyate akeh sing jek glimbungan piye pak petinggi???????

  25. sutanto

    ass.
    bpk camat cepu tolong lapangan ronggolawe di perbaiki biar enak di buat latian ssb bina putra/ssb balun putra tolong pakk

  26. Si Gober

    saya suwe saya mangkel atiku.. lha piye, angger mulih mudik, apene turu awan ra iso babar blas, lha panase nyundul bathuk.. jan gregreten tenan aku.. padahal ndik mbiyen ora pati panas, nek esuk isih akeh mbun, enak nggo mlaku-mlaku nyang gang unyer, turut ril sepur, karo sarapan saplak, gethek, cenil utawa srabi.. sukur-sukur usum bendoyo.. mulihe goyang lidah mangan ithuk-ithuk utawa marneng. mbuh saiki nek pengin mangan ngono kui apa ya isih ana sing dodol?? apa srabi pojok sekolah smp katolik isih ana? apa wis kegiles karo chiki lam kanca-kancane? eee mbooh, mbooh!!

    • sing mesti sik ono sing dodol, mung panggonane wis pindah.

      • Si Gober

        Sing isih ngetop nganti saiki ning Cepu jare wingko sing diproduksi ning Kandangdoro, ya? Lha nek ledre iku khas Padangan (Jatim) to, ora khas Cepu? Jare saiki lagi usum egg-roll saka labu. Kuwi produk Cepu asli pa ora? Terus winginane ketemu telo keju ning Mbakrama, ka terminal bablas neh. Pancen ya enak rasane.. Nek kopi klotohk ning taman Sewu Lampu (benere 325 lampu, hehehe..) kok regane malih luarang ta.. Weh, wisata kuliner Cepu akeh sing ilang, uga akeh sing anyar…

  27. lovecepu

    saking cintanya sama kota kelahiranku, aku angkat kesenian tayub sebagai judul skripsiku.. Berharap ada anak2 muda yg masih mau nguri2 budaya jawi…terutama kekayaan budaya sendiri…

  28. Supraptono

    Masukan buat pejabat 2x yang asli Cepu
    Ayo kita cari dana untuk membangun Cepu, banyak cara yang kita tempuh, bisa dari pemerintah Pusat, Pemerinta Daerah atau investor. dan kita benahi tata kota Cepu. kita perluas kota Cepu dengan meminta ijin dari Perhutani untuk membelah hutan guna membuat Jalan dari daerah Wonorejo ke Perumahan Cepu Asri dan kita pindah Terminal Cepu ke Daerah Wonorejo dan Kita hidupkan lagi Lapangan terbang di Di Ngloram Guna memfasilitasi Pekerja Peminyakan serta jangan lupa kita baguskan jalur yang menuju Purwodadi agar banyak kendaraan yang singgah di Cepu

  29. teguh prasetyo ngor

    kasih versi yang lbih bnyak donk tntang cepu

  30. teguh prasetyo ngor

    ternyata sejarah tentang cepu lmayan seru juga yaa….ad berapa versi lagi ya tentang sejarah kota cepu,,,,

  31. raisa vadella

    ehm..
    saya numpang nanya fakultas ekonomi yg ada di cepu atau sekitarnya bisa????

  32. djarwo

    oalah yooooooooo yo,
    sabun karo deterjen q g payu ngene iki,
    podho tuku nang brapo karo indomart kabeh, lhadalah, alpamart malah mecungul, sido kere maneh ngene iki.
    oalah tobat, tobat,
    ape dodolan mindhek wae lah nak ngene iki,
    mumpung nang swalayan durung enek seng dodol.

    owh, eo. pak de camat.
    sepanjang jalan pemuda kui lho, puanase mbayani pol.
    tanduran seng gedhe2 jaman mbiyen malah mbok ganti cilik2,
    waduh biyung, cepu ra kyk mbiyen maneh.
    tata ruang kotane kurang jos.
    padalo penyumbang pajak terbesar nang blora iku cepu lho.
    tobat wes.

  33. Si Gober

    Boso Cepu memang unik, konon kata ‘leh’ itu karena danyang Cepu namanya pak Soleh, di Bojonegoro dengan kata ‘to’ (pak Suto), di Babat kata ‘sih’ (pak Karsih), tapi kok kayaknya ora bener ya..

    Kalau kata ‘em’ itu barangkali pengaruh Jepang, dimana kata ‘u’ di akhir dihilangkan/tidak diucapkan, jadi ‘karepmu’ menjadi ‘karepm’, dibacanya ‘karepem’, ‘omahmu’ menjadi ‘omahem’ dst. Uniknya, ini khusus untuk kata ‘mu’, kalau ‘ku’ tidak, jadi ‘karepku’ tetap dibaca ‘karepku’ bukan ‘karepek’. kalau huruf akhir sebelum ‘mu’ tadi vokal, diberi tambahan ‘n’, contoh: ‘lambemu’ dibaca ‘lambenem’, bukan ‘lambeem’.

    Oh ya, kalau kata ‘i’, apa termasuk dialek Cepu, ya? Seperti ‘Piro i regane?’. kalau iya, ini juga salah satu khasanah dialek kota Cepu kita..

    Memang Cepu kian gersang, wit meh / mindik da ditegori, diganti warung (lhat di depan setasiun Cepu), segaran (kolam penjernihan air) depan stasiun mbuh ana mbuh ora! Lawa yang jumlahnya ribuan di depo apa masih ada yaa??

    Aku rindu, kalau lebaran di setasiun banyak remaja-remaji jadul pakai baju ijo pupus and jambon, nenteng bengkoang dan nanas, moyoki temannya yang baru datang dari Jakarta, yang njur lali boso Cepu, ngomongnya “ngapain.. ngapain..”. Njajal, apa mereka masih ngerti arti kata ‘gendul’, ‘ublik’, ‘njedhing’, ‘njungok’, ‘dingklik’, ‘didamu (ditiup)’ dan kosa kata lainnya…

    Wis lah, mboyak. Mandak boso Cepu ae kok, aku ngono ya isa…

    Salam..

  34. ankga

    kanggo seng ngaku wong cepu: muleho neng cepu, dadio wong cepu seng cepu tenannan, nek saiki kawen karo wong luar cepu, gaweo pasanganem kui nyaman neng cepu, nek wes sue ninggal cepu, ndang bali karo ojo sampek ilang boso cepune…ojo nggowo boso asing neng cepu…koyo “lu” “gue” utowo boso” seng ga cepu punya….melok prihatin nek sampe budhoyo cepu tergeser karo bodhoyo” asing….soale scr psicologis penghuni cepu cenderung duplikator yg baik…enek opo sithik melu2, khususe cah2 nome…. ayo lah… nyame’n nayme’n lah seng cepu forever….pesenku kanggo cah nom cepu…kurangi nonton sinetron karo tuku cd bajakan……wes ngono tok….. piye leh??

  35. ankga

    aq wong cepu tepate neng deso kentong….protes karo pengusaha2 seng kementhos..ngawe mall, waralaba, karo liane sak penake udele dewe… mbahku, budheku, lekku, kakngku , yu ku, dodolane dho gak payu, goro2 wong sugeh tapi ga ndue utek, wong cepu seng terkenal sahaja, opo eneke, opo nduene, pinter bersukur, sayuk rukun, gelem sambatan nek enek tonggo arep nggawe omah, dadi konsumeris, buoroz, suombong, semugeh(padahal podho2 kerene), sok seleb, podho ganti bahasa lu gue, goro2 pemesatan perkembangan cepu seng ga di imbangi karo pemerataan ekonomi…. pa dhe camat… iki lha njur piye ki…cah2 wedok seng ijek smp wes ga isen nganggo clono pendek ketat, boncengan karo seng ora mukhrem….. oleh ndunyo liane rusak.. tapi ojo cepu…oalah puuu cepu….dadi ga karo-karoan saiki… joooor ajor…nek ngene teros…!

    • dimar

      Piye leh ,cah,…aku dewe wong cepu ning yo arang muleh,..
      nek mulih mlaku liwat rel sing akeh gragale,..lha ning kapuan kono ae thik,.klambine di uwel uwel sisan ,wah malah dadi amoh,elik,..numpak sepur njungok ning rem reman marahi o..
      wis ,..jan jane yo kangen tenan karo cepu ,kae lho tuku sego pecele mbah rah,..

  36. WEB DEVELOPMENT

    Adapun jenis jasa layanan pembuatan website yang dapat kami tangani:

    1. Website Company Profile (statis / tidak bisa update) Rp. 1.ooo.ooo
    2. Website Company Profile (dinamis-php) Rp . 2.500.000
    3. Toko Online / E-Commerce Rp. 1.500.000
    4. Blog (situs pribadi) Rp. 600.000
    5. Website Sekolah Rp. 2.000.000

    Jasa SEO ( SEARCH ENGINE OPTIMIZATION )
    Optimasi website pada mesin pencari seperti Google merupakan kebutuhan pelengkap agar website ramai dikunjungi pengunjung berdasarkan kata kunci (keyword) tertentu dan menghasilkan penjualan produk anda meningkat dengan teknik internet marketing ini

  37. Yogaicha

    Kayanya itu bukan sejarah cepu boss,,bukannya cepu itu dari oemberontakan aryo penangsang ke mataram??Cepu emang skrang tmbah gersang,,wit gde2 tempat glek mindek jaman aku cilik wis akeh sing ditebang,,cepu jd tmbah panas,,oh ya boss mindek tu termasuk kletisan khas cepu lho..d’smping sgo pecel,lntong tahu,kopi kothok dll..jal takon cah asli cepu msti knal mkanan yg b’nama mindek,,pmbuat aroma brueng brengan he he he

  38. anggoro

    Usul bwt para petinggi kota cepu,
    memang cepu sudah terkenal,tapi kenapa setiap saya melewati cepu,terkesan seperti kota yang apa adanya.tidak jelas apakah kota ini bertema modern,alam atau yang lainnya.menurut penilaian saya,penataan kota cepu kurang terlalu bagus ditambah lagi jalannya kurang lebar plus kurangnya pepohonan ditepi jalan.khususnya ditaman seribu lampu,mirip gurun pasir,gersang puol… termasuk rumah sakit cepu.kurang adanya pepohonan.tapi sekarang udah agak lumayan,ada bravo nongol.tapi jangan terlalu banyak mendirikan indomaret dan alfamart.dikarenakan pedagang tradisional belum sanggup bersaing dengan swalayan.jangan mendidik masyarat dengan gaya hidup konsumtif.kata bang roma itu tidak baik.

    salam kenal ja,

    nb: mohon blog-nya diisi lebih lengkap lagi donk

  39. andika

    d cepu yg jual parabola toko apa ya?

  40. ==========

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    • cepu

      wah sekolah lak gak payu rek, opo yen wis duwe ijazah (palsu) isa kompeten ing pekerjaane? garahi lembaga sing di jiplak anjlog regane

  41. tika

    kok kayaknnya ini malah sejarah tuban????

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s