Lomba Cipta Menu Ibu Hamil

Blora, 18 November 2009

Lomba ini diikuti oleh perwakilan dari semua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Blora serta perwakilan dari 10 Organisasi Wanita se-Kabupaten Blora. Diselenggarakan atas kerja sama antara Kantor Ketahanan Pangan dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, dalam rangka memperingati Hari Pangan se-Dunia yang ke-29, Hari Jadi Blora yang ke-260, dan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-37. Titik berat dari kegiatan ini adalah untuk memasyarakatkan dan membiasakan mengkonsumsi beraneka menu yang memanfaatkan bahan pangan non beras yang ada di sekitar tempat tinggal. Kecamatan Cepu pun tidak ketinggalan untuk berpartisipasi dalam lomba ini.

Acara ini diselenggarakan di Gedung Serba Guna – Sasana Bhakti, sebelah utara Alun-alun Blora. Jumlah peserta lomba sebanyak 26 peserta. Peserta mulai melakukan aktifitas pukul 08.00 wib. Masing-masing peserta dibagi menjadi 2 tim, memasak di dalam gedung dan menata meja di teras gedung. Waktu yang disediakan panitia untuk menyelesaikan semua pekerjaan adalah 2 jam. Sambil melakukan pekerjaan para peserta dihibur oleh penampilan one man Keyboard dengan penyanyi dari ibu-ibu anggota TP PKK.Semua peserta tampak sibuk mempersiapkan menu dan hidangannya. Panitia memberikan aturan bahwa harga bahan menu yang disajikan tidak boleh lebih dari Rp. 40.000.

Dewan juri pun tampak memperhatikan cara memasak sampai kebersihan area memasak. Setelah mereka selesai diharapkan untuk merapikan peralatan dan membersihkan area memasak, karena hal tersebut juga termasuk kriteria penilaian.

Pukul 10.00, waktu yang disediakan oleh panitia telah selesai. Semua peserta juga diharapkan untuk segera mempersiapkan diri untuk penilaian. Kriteria penilaian adalah kreatifitas bahan, rasa makanan, kandungan gizi, serta kebersihan makanan. Dewan juri terdiri dari 3 orang yang berasal dari Dinas Kesehatan, TP PKK, dan Praktisi Kuliner. Penilaian memakan waktu yang cukup lama, karena dewan juri harus mendatangi dan mencicipi masakan di tiap-tiap meja. Setelah semua meja selesai dinilai, para anggota dewan juri melakukan rapat untuk menentukan siapa yang terbaik.

Sekitar pukul 12.00 wib, Bapak Bupati Blora RM Yudhi Sancoyo didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK  Kabupaten Blora Ny RA Manik Hapsari Yudhi S. SE. hadir di lokasi lomba. Beliau tampak langsung menuju area meja display para peserta. Beliau juga tampak berdialog dengan masing-masing peserta. Para peserta pun tidak mau ketinggalan untuk menawarkan makanan hasil kreasi mereka untuk dicicipi dan dikomentari oleh Bapak Bupati. Bapak Bupati sangat kagum atas kreatifitas ibu-ibu peserta.

Setelah semua meja dikunjungi, Bapak Bupati beserta rombongan segera memasuki Gedung Serba Guna, untuk mengikuti acara pengumuman pemenang lomba. Acara dibuka dengan laporan ketua panitia, dilanjutkan dengan sambutan Ketua TP PKK Kab. Blora. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan banyak sekali bahan makanan yang bisa dikembangkan dari sekitar kita. Beliau juga melihat, dalam beberapa lomba sejenis, masih banyak peserta yang ikut-ikutan dalam memilih bahan, sehingga tujuan lomba yaitu terciptanya menu baru dari bahan yang baru belum terlaksana secara maksimal. Beliau juga mengharapkan agar nantinya hasil dari Lomba ini dapat dibukukan, sebagai referensi untuk ibu-ibu anggota PKK.

Bapak Bupati juga tidak ketinggalan menyampaikan sambutannya. Beliau hanya menambahkan bahwa semua kegiatan ini sangat mendukung pelaksanaan program menuju Blora yang waras, wareg, wasis, wilujeng. Beliau juga menyampaikan kabar gembira, bahwa untuk tahun anggara ini, masing-masing TP PKK akan mendapatkan alokasi dana sebesar Rp. 3.500.000.

Acara yang paling ditunggu akhirnya tiba, yaitu pengumuman pemenang. Ketua dewan juri juga megungkapkan sedikit kekecewaan karena masih ada peserta yang menggunakan bahan makanan instan, hanya karena harga bahan dibatasi. Jadi diharapkan para peserta untuk lebih kreatif lagi dalam memilih bahan baku. Hasil rapat dewan juri memutuskan :

  • Juara I                        : Kecamatan Cepu
  • Juara II                      : Darma Wanita Persatuan Kabupaten Blora
  • Juara III                    : Kecamatan Ngawen
  • Juara Harapan I     : Iwabri
  • Juara Harapan II   : Kecamatan Tunjungan
  • Juara Harapan III : Kecamatan Ngawen

Para pemenang mendapatkan Trofi + Bingkisan dan Uang pembinaan. Hadiah diserahkan Oleh Bapak Bupati Blora dan Ketua TP PKK Kabupaten Blora.

Pada kesempatan ini juga diserahkan Trofi + uang pembinaan kepada Kelompok Wanita Tani “Mekar Sari” Kelurahan Karangboyo Kecamatan Cepu, karena berhasil menyabet Juara III Lomba Ketahanan Pangan Kategori Kelompok Masyarakat – Kelompok Binaan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) / Kelompok Wanita Tani(KWT) Tingkat Propinsi Jawa Tengah, yang penilaiannya telah dilakukan pada bulan Juni. Yang menyerahkan hadiah tersebut adalah Bapak Bupati. Bapak Bupati sangat bangga karena ada wakil dari Kabupaten Blora yang mampu mendapatkan penghargaan di Tingkat Propinsi.

About these ads

2 Komentar

Filed under Agenda Kegiatan, Agenda Masyarakat, Berita, Cepu

2 responses to “Lomba Cipta Menu Ibu Hamil

  1. Terimakasih atas pemuatan kegiatan ini di blog Cepu Telecenter, mohon maaf pada saat ini saya tidak dapat hadir karena sedang menunaikan ibadah haji.

    • ceputelecenter

      Kami juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Blora yang bapak pimpin terhadap situs kami. Semoga kedepannya kita bisa mengembangkan kerjasama untuk kemajuan Kabupaten Blora umumnya dan Cepu pada khususnya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s