Sosialisasi Penggunaan LPG 3 Kilogram

Pendopo Kecamatan Cepu – Rabu, 4 November 2009

DSC01447Acara ini dibuka pada pukul 10.00 oleh Bapak Camat Cepu Purwadi Setiono, SE. Mengawali acara Bapak Camat memberikan sambutan dan sedikit wejangan kepada para tamu undangan yang sebagian besar adalah Lurah, Ketua Penggerak PKK, serta Kepala RW. Dalam sambutannya beliau mengharapkan agar sosialisasi ini bukan hanya merupakan sarana promosi, tapi lebih lanjut bisa bermanfaat bagi masyarakat. Acara ini merupakan kerjasama antara PT IMI Solo – Pertamina dengan Kecamatan Cepu.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Ibu Tri (perwakilan dari PT. IMI – Pertamina. Beliau menyatakan bahwa program konversi minyak tanah ke LPG ini telah hampir tuntas untuk wilayah Jawa Tengah, kecuali Kebumen dan Banjarnegara yang masih berlangsung. Program konversi ini dilaksanakan karena cadangan minyak bumi Indonesia semakin menipis, dan harga minyak tanah dunia semakin tinggi, sehingga perlu adanya perubahan perilaku penggunaan bahan bakar, dari minyak tanah ke LPG. Dalam konversi ini yang dibagikan secara gratis adalah LPG dalam tabung 3 kg. Untuk harga eceran sebenarnya Rp. 12.750 dan harga tertinggi Rp. 14.000, dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat. Setelah program ini selesai maka lambat laun Minyak Tanah akan ditarik dari pasaran.DSC01453

Tabung LPG 3 kilogram ini di design dengan memperhatikan berbagai macam pertimbangan, sehingga di dapatkan hasil yang mempunyai tiga kelebihan, yaitu :

  1. Lebih Mudah dan Hemat
  2. Mudah digunakan dan lebih murah dibandingkan dengan minyak tanah.
  3. Lebih Aman
  4. Tabung gas lpg ini didesign untuk tekanan 110 kg/cm2, sedangkan isinya hanya mempunyai tekanan maksimal 5 kg/cm2.
  5. Lebih Bersih
  6. Karena tidak menimbulkan asap dan kerak hitam pada alat masak.

Isinya pun telah di modifikasi sedemikian rupa sehingga apabila terjadi kebocoran maka akan tercium bau khas elpiji dan atau suara desis, sehingga kita bisa dengan cepat melakukan tindakan. Tapi ada baiknya kita melakukan beberapa hal saat membeli LPG 3 Kg, yaitu :

  1. Teliti segel LPG
  2. Timbang ketepatan isinya
  3. Jika ada keluhan telpon agen atau CONTACT PERTAMINA di nomor telpon 500-000

Hal lain yang perlu kita waspadai adalah adanya pihak / oknumĀ  yang mengatasnamakan Pertamina memanfaatkan kekurangtahuan masyarakat. Hal tersebut adalah :

  • Pertamina tidak pernah menjual atau bekerja sama dengan penjual untukĀ  secara langsung menjual kompor gas, regulator & selang
  • Laporkan oknum yang mengaku dari pertamina ke aparat setempat atau ke layanan CONTACT PERTAMINA (500-000)

Dalam kesempatan ini, Ibu Tri juga memberikan sedikit tips agar masyarakat tidak merasa dirugikan. Ada kalanya kita merasa LPG yang baru kita beli cepat habis. Menurut beliau ini mungkin karena gas di dalam tabung tersebut membeku. LPG merupakan gas yang di cairkan, dan pada suhu tertentu akan mudah membeku. Ada baiknya kita memberikan alas papan atau lainnya, agar tabung gas tidak bersinggungan dengan lantai atau tanah yang suhunya lebih rendah daripada suhu ruangan.

Pada akhir sosialisasinya, ibu Tri menjawab beberapa pertanyaan dari para tamu undangan. Beliau juga berharap agar masyarakat tidak takut lagi menggunakan LPG, karena aman. Penyebab kecelakaan dan kebakaran adalah perilaku manusianya sendiri yang tidak mau mengindahkan aturan – aturan yang ada.

DSC01460Selain sosialisasi, acara siang ini juga di meriahkan dengan adanya Lomba Memasak Nasi Goreng denga menggunakan LPG 3 Kg. Peserta lomba ini berasal dari Camat, Lurah, maupun karyawan pemerintahan di lingkup Kecamatan Cepu. Mereka sangat antusias sekali menampilkan berbagai macam kreasi Nasi Goreng, dengan diiringi oleh lantunan musik dari solo keyboard.

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under Agenda Kegiatan, Agenda Masyarakat, Berita, Cepu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s